Akademisi Fisioterapi UKI Lakukan Sosialisasi Virtual Latihan Keseimbangan pada Lansia di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur

“Pencegahan resiko jatuh pada lansia dapat dilakukan dengan pemeriksaan keseimbangan, koreksi postur tubuh dan latihan keseimbangan. Keseimbangan merupakan komponen penting dalam gerak terampil. Keseimbangan dibutuhkan pada saat aktivitas statis dan selama melakukan gerakan, “ ujar Dekan Fakultas Vokasi UKI, Maksimus Bisa Lado Purab, S.St.Ft., S.K.M. M.Fis, dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diselenggarakan secara daring oleh Program Studi Fisioterapi, Fakultas Vokasi, UKI (16/11).

Ketua kegiatan PkM Prodi Fisioterapi UKI, Beriman Rahmansyah, S.St,Ft., M.Pd menjelaskan tema yang diusung dalam PkM ialah Latihan Keseimbangan untuk Mencegah Resiko Jatuh Pada Lansia di Posyandu Bina Lansia Kelurahan Cawang, Jakarta Timur.

“Tema ini diambil sesuai dengan visi Program Studi Fisioterapi, Fakultas Vokasi, UKI yaitu menjadi program studi yang unggul dalam bidang fisioterapi traumatologi dan olahraga yang berlandaskan nilai-nilai kristiani dan dijiwai oleh Pancasila pada tahun 2024. Kami juga bekerjasama dengan Kelurahan Cawang dan Puskesmas Kelurahan Cawang “ tutur Beriman Rahmansyah.

Lurah Cawang Didik Diarjo, S.E., M.E pun menyambut baik kegiatan PkM ini, “Kegiatan sosialisasi latihan keseimbangan sangat mendukung keinginan pemerintah untuk meningkatkan kinerja masyarakat agar tetap produktif di masa pandemi ini. Selanjutnya kami berharap kegiatan ini berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Maksimus Bisa Lado Purab menjelaskan Lanjut usia adalah tahap lanjut dari suatu kehidupan yang ditandai dengan menurunnya kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan stressor baik dari faktor internal maupun faktor eksternal.

Ada beberapa tahap dalam latihan keseimbangan yaitu

  1. Latihan berdiri dengan satu kaki, bermanfaat untuk kekuatan otot dan proprioseptif sendi
  2. Latihan mengangkat kaki ke belakang, bermanfaat menjaga keseimbangan dan memperkuat otot punggung dan bokong
  3. Latihan berjinjit, untuk menjaga keseimbangan saat berjalan dan menaiki tangga & memperkuat otot kaki, betis dan pergelangan kaki
  4. Latihan Push-up Dinding. Latihan ini cukup aman tapi perlu membiasakan diri sebelum melakukannya
  5. Latihan berdiri ke samping
  6. Latihan berjalan dengan tumit menyentuh ujung jari-jari kaki
  7. Latihan berjalan ke samping dengan menyilangkan satu kaki di atas kaki lainnya
  8. Latihan step up atau naik tangga, tinggi tangga antara 5 – 10 cm. Kunci membangun keseimbangan adalah melangkah naik turun secara perlahan dan terkontrol.

PkM ini juga disertai penayangan video latihan keseimbangan pada lansia yang dipandu oleh tim PkM yakni Beriman Rahmansyah S.St.Ft, M.Pd, James W.H. Manik, S.St.Ft., M.Fis, dan Lisnaini S.St.Ft., MKM yang mana model dalam video tersebut adalah melibatkan mahasiswa Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia.

Tayangan lengkap kegiatan PKM dan video latihan keseimbangan dapat dilihat di channel Youtube LPPM UKI Jakarta http://www.youtube.com/watch?v=tT-QD8iIW90

Seluruh peserta PkM diharapkan dapat mengimplementasikan latihan keseimbangan untuk dapat beraktivitas dengan tubuh sehat. PkM diakhiri dengan diskusi interaktif dari seluruh peserta.