AMSA FK UKI memenangkan Bidding Hosting AMSEP AMSA – Japan

AMSA (Asian Medical Students Association) Indonesia merupakan organisasi nonprofit yang mewakili mahasiswa Kedokteran di Asia Pasifik dan sekitarnya. AMSA FK UKI berada di bawah naungan AMSA Indonesia. AMSA-UKI mempunyai tiga filosofi dalam setiap kegiatannya, yaitu Knowledge (Pengetahuan), Action (Aksi), dan Friendship (Pertemanan).

Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FKUKI), dr. Louisa A. Langi, M.Si., M.A. mengatakan bahwa AMSA FK UKI memenangkan bidding Hosting AMSEP AMSA-Japan dan Hosting ini akan berlangsung dari tanggal 22 – 28 Desember 2018. AMSEP (Asian Medical Students Exchange Program) adalah program pertukaran pelajar dengan AMSA dari berbagai negara.

Karina Yesika Manalu, Project Officer of AMSEP Japan 2018 turut menjelaskan, “Proposal kami dinilai AMSA Indonesia dan berhasil memenangkan program pertukaran pelajar dengan AMSA Jepang. Setiap universitas yang menjadi anggota AMSA-Indonesia harus mengirimkan booklet untuk mempromosikan keunggulan program yang mereka buat. AMSA-FK UKI membuat booklet yang menjelaskan tentang Jakarta, FK UKI, Universitas Kristen Indonesia, serta menjelaskan fasilitas apa saja yang dimiliki FK UKI. Selain itu kita juga memasukkan program-program yang akan dilakukan jika negara luar akan berkunjung ke Jakarta. Setiap kegiatan yang kami akan lakukan harus mengandung 3 filosofi yaitu Knowledge, Action, and Friendship.”

Enam orang mahasiswa delegasi dari Jichi Medical University, Jepang berkunjung ke FK UKI serta Jakarta. Mereka bertemu dengan Dekan FK UKI Dr. dr. Robert H. Sirait, Sp. An., Wakil Dekan I FK UKI Dr. dr. Forman Erwin Siagian, M. Biomed, Wakil Dekan II FK UKI, Dr. Dra. Trini Suryowati, MS, Wakil Dekan III FK UKI , dr. Louisa Ariantje Langi, Msi., MA.

Tanggal 22 Desember 2018, delegasi dari Jichi Medical University, Jepang dan mahasiswa FK UKI mengikuti perkuliahan dari dosen FK UKI, dr. Ronny, Sp. Par.K dan Dr. dr. Lili Indrawati, M.Kes tentang kasus malaria. Dilanjutkan dengan praktikum Tropical Medicine mempelajari bentuk dan gambaran dari parasit lewat mikroskop, serta mempelajari cara pemeriksaan darah tepi di Laboratorium Parasitologi Kampus FK UKI Cawang, Jakarta. Lalu dilanjutkan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit UKI, mempelajari ilmu kedokteran terbaru yang sedang diterapkan oleh rumah sakit.

Delegasi mempelajari Kebudayaan Betawi di Kampung Betawi Setu Babakan untuk mengikuti workshop menari tradisional dan melukis Batik.

Keseruan bertambah dengan kegiatan aksi sosial di Car Free Day Bundaran HI Jakarta di hari Minggu 23 Desember 2018. Para mahasiswa Kedokteran ini memberikan pelayanan medis kepada masyarakat dengan pemeriksaan tekanan darah, glukosa, kolesterol, gula darah dan asam urat. Lalu di hari ketiga, delegasi mempelajari Kebudayaan Betawi di Kampung Betawi Setu Babakan untuk mengikuti workshop menari tradisional dan melukis Batik.

Di hari Natal, para mahasiswa kedokteran, mendatangi Yayasan Breakthrough Mission di Sentul, Bogor untuk melihat tempat rehabilitasi mantan pengguna narkoba dan alkohol. Di tanggal 26 Desember 2018, alumni FK UKI, Dokter Dicky Mohammad Setiawan, MARS memberikan pelatihan Circumcision Training yaitu kegiatan pelatihan operasi kecil sunat. Didalam pelatihan, disedikan alat dan bahan yang diperlukan dan untuk operasi sunat dilakukan bergantian kepada mannequin oleh masing-masing delegasi.

Lalu Selain Jakarta, delegasi mengunjungi Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung. Para mahasiswa belajar memainkan alat musik Angklung. Di Farm House Lembang, mereka mencoba berbagai makanan khas Indonesia seperti, martabak telur, sate kambing, nasi goreng dan susu sapi. Keesokan harinya di tanggal 28 Desember 2018, delegasi mahasiswa dari Jichi Medical University akan kembali ke Jepang. Keenam mahasiswa dari negeri Sakura tak lupa membeli oleh-oleh batik khas Indonesia dan mengajak AMSA FK UKI suatu saat dapat mengunjungi Negara Jepang.