Angkat Sumpah Dokter: Menjadi Berkat bagi Masyarakat

Acara Angkat Sumpah Dokter Batch II Periode Mei 2019 dilaksanakan di Auditorium Grha William Soeryadjaya, Universitas Kristen Indonesia pada tanggal 6 Juli 2019. Ada sebanyak 17 orang dokter baru lulusan FK UKI yang diangkat sumpahnya pada batch II ini.

Acara ini diawali dengan ibadah pembukaan dengan menyanyikan beberapa lagu, seperti “Firmanmu Plita bagi Kakiku.” Pdt. Wellem Saiwona berpesan kepada dokter baru untuk selalu menjadi berkat bagi orang lain di saat terjadi perbedaan dan selalu menerapkan damai sejahtera di lingkungan karena ada tugas dan tanggung jawab yang besar sebagai dokter.

Setelah menyanyikan Indonesia Raya dan MARS UKI, acara dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama peserta Angkat Sumpah Dokter yang lulus hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dibacakan oleh Wakil Dekan I FK UKI, Dr. dr. Forman Erwin Siagian, M.Biomed. Terdiri dari 5 dokter baru yang beragama Kristen Protestan, 2 dokter baru yang beragama Kristen Katolik, 8 dokter baru yang beragama Islam, dan 2 dokter baru yang beragama Buddha. Para dokter baru ini mengukuhkan janji dan diangkat sumpah bersama masing-masing rohaniawan. Rohaniawan yang mengangkat sumpah para dokter ialah Pdt. Wellem Sairwona, Romo Blasius Sumaryo, SCJ, Ust. Sobari, SPd. I, dan Bhante Khampun Suvannatharo.

Pengucapan lafal Sumpah Dokter periode ini dibacakan oleh Dekan FK UKI, Dr. dr. Robert Hotman Sirait, SpAn yang diikuti oleh seluruh dokter baru. Dengan rasa hormat dan kesungguhan diri, kalimat demi kalimat janji terucap dari mulut mereka. Rangkaian ikrar ditutup dengan kalimat “..saya ikrarkan janji ini dengan sungguh-sungguh, dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya. Kiranya Tuhan memberkati saya.”

Lulusan terbaik kali ini diraih oleh dr. Eka Wahyu Apriani dengan IPK 3.52, kedua adalah dr. Christin Dea Martin dengan IPK 3.45, dan dr. Sheilomita Puspa Ayuningtyas dengan IPK 3.42.

Sebagai lulusan terbaik dengan IPK tertinggi, dr. Eka ditunjuk sebagai perwakilan dokter baru untuk menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada seluruh sivitas akademik FK UKI dan para orang tua yang telah membantu proses perkuliahan mereka selama ini. Sambutan juga diberikan oleh Ir. Martin Pohan selaku perwakilan orang tua, dilanjutkan oleh ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta, dr. Fazilet Soeprapto, MPH. Tidak lupa Rektor UKI, Bapak Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H. MBA menyampaikan selamat kepada dokter baru yang diangkat sumpah.

Untuk menyampaikan rasa terima kasih, Para dokter baru juga membawakan persembahan lagu sambil memberikan untaian bunga kepada orang tua.

Catherine Monica