AP UKI Juarai Lomba Perbankan Tingkat Nasional

JAKARTA-REPORTER Akademi Perbankan Universitas Kristen Indonesia (AP UKI) menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Seminar Nasional Perbankan dan Lomba Perbankan Tingkat Nasional, selama 3 (tiga) hari, sejak tanggal 28-30 September 2017, di Auditorium Grha William Soeryadjaya, FK UKI, Cawang, yang di ikuti oleh PTN dan PTS se-Indonesia, yang memiliki Program Studi Keuangan dan Perbankan. Kegiatan ini diadakan dalam rangka Rapat Kerja Nasional Himpunan Mahasiswa Keuangan dan Perbankan Indonesia (HMKPI), yang baru terbentuk bulan Mei lalu di Universitas Muhammadiyah Malang.

Hari pertama, 85 delegasi yang mewakili PTN dan PTS tiba di Jakarta dan dilakukan penyambutan serta technical meeting kepada seluruh delegasi yang akan mengikut berbagai rangkaian acara dan lomba.

Rangkaian acara pada hari kedua adalah Seminar Nasional Perbankan yang bertema “Peran Penting Anti Fraud Awarness dalam Mempersiapkan SDM Perbanakan Indonesia”. Pada acara ini AP UKI menghadirkan tiga narasumber yaitu, Samsu Adi Nugroho dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Rudy Agus Purnomo Raharjo dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Eko B. Supriyanto dari Infobank. Acara seminar ini dibuka langsung dengan pemukulan gong oleh Yohanes Santoso Wibowo dari OJK, didampingi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Hukum dan Kerja Sama UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA., serta Direktur AP UKI, Dr. Lis Sintha, S.E., M.M.

Acara Seminar Nasional ini di hadiri lebih dari 500 mahasiswa/i yang mewakili ± 30 PTN dan PTS di Indonesia. Para peserta terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti sesi seminar ini hingga selesai.

Usai Seminar Nasinal Perbankan, rangkaian acara selanjutnya adalah pelaksanaan Lomba Perbankan Tingkat Nasional yang berlangsung di GWS FK UKI dan Ruang Executive FE UKI. Ada empat kategori yang dilombakan yaitu “Cerdas Cermat Perbankan”, “Grooming”, “Customer Service”, dan “Teller”.

Sebanyak 17 PTN dan PTS mengikuti lomba ini, baik dari Jabodetabek seperti Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, UPN Veteran Jakarta, Universitas Pakuan Bogor, maupun yang dari luar daerah seperti Universitas Muhammadiyah Malang, STIE Ekuitas Bandung, STIE Perbanas Surabaya, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Politeknik Negeri Medan dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Tiga mahasiswa utusan AP UKI berhasil menjuarai lomba, yaitu Deassy R. Tahapary (2016) sebagai Juara I kategori “Grooming”, Agustina Taulunia Wati (2016) sebagi Juara II kategori “Grooming” dan Dewi Septiana (2015) sebagai Juara II kategori “Customer Service”.

Usai Lomba Perbankan, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional HMKPI di Ruang Executive FE UKI. Sesi ini membahas tentang program kerja dan pemilihan pengurus pusat HMKPI. Rapat ini diikuti oleh perwakilan Prodi Keuangan dan Perbankan di berbagai PTN dan PTS se-Indonesia sebagai anggota HMKPI.

Pada hari ketiga, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengucapan Ikrar Janji dan Pelantikan Pengurus Pusat HMKPI yang berlangsung di Hotel Zodiak, dimulai pukul 08.30-10.00 WIB. Ada tiga orang yang menjadi Ketua Umum HMKPI, salah satunya adalah Feliks Setia Wau (AP UKI 2015). Setelah selesai pelantikan, para delegasi diajak untuk melakukan Field Trip, yang dipandu oleh panitia acara. Tempat yang dikunjungi adalah Museum Bank Indonesia, Kota Tua, dan Monumen nasional (MONAS) Jakarta. Setelah puas berkeliling ke beberapa tempat wisata di Jakarta, para delegasi diantar kembali ke stasiun kereta api dan bandara untuk keberangkatan mereka kembali ke daerah mereka masing masing.

(Robertus Saibuma, AP UKI)