Fakultas Teknik UKI Gelar Seminar Transit Oriented Development

JAKARTA-REPORTER       Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia menggelar Seminar dan Workshop dengan tema Transit Oriented Development (TOD) – Urban Planning and Design. Acara di gelar di Auditorium GWS, Kampus UKI Cawang, Jakarta (24/10/). Seminar ini adalah salah satu bagian dari Program Tahunan Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UKI yaitu “Green Architecture in The Tropics.”

Seminar dibuka oleh Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA. Acara turut dihadiri oleh Ketua pelaksana seminar, Prof. Dr. –Ing. Ir. Sri Pare Eni, Lic.rer.reg, dekan Fakultas Teknik UKI, dosen, mahasiswa Fakultas Teknik UKI, mahasiswa dari 8 Perguruan Tinggi Swasta serta praktisi Arsitek.

Rektor UKI secara resmi membuka acara Seminar yang ditandai dengan pemukulan gong

Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Oswar M. Mungkasa menjelaskan Transit Oriented Development dalam Rencana Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta. Pengembangan TOD DKI Jakarta melalui pendekatan kolaboratif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan mencakup lintas batas administrasi dalam Metropolitan Jabodetabek

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta, Mungki Indriati Pratiwi, S.T., CFP, AEPP mengungkapkan bahwa PT MRT Jakarta sebagai operator utama pengelola kawasan TOD fase 1. Kaprodi Magister Teknik Arsitektur UKI, Prof. Dr. –Ing. Ir. Uras Siahaan, Lic.rer.reg. memaparkan, “Sistem angkutan massal yang baik selalu memberi keuntungan pada pengurangan pemakaian kendaraan pribadi di dalam kota. Pada tahun 2019 Jakarta akan memiliki jalur MRT modern pertama yang menggunakan pendekatan memaksimalkan pemanfaatan lahan di sekitar stasiun. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengedepankan konsep pengembangan berorientasi transit.”

Pengamat kota, Dr. Yayat Supriatna, MSP., memaparkan tantangan penerapan Transit Oriented Development (TOD) dalam pengembangan kota di Indonesia. Menurut Yayat Supriatna, tantangan kedepan adalah bagaimana cara mengembangkan pola kerjasama antara Operator/Pengelola TOD dengan para pemilik properti di sekitarnya guna terbangun sinergi pemanfaatan ruang dan sinergi sistem layanan transportasi.

Selanjutnya Direktur Desain PT Airmas Asri, Ir. Risa Prominda, M. Arch., memperlihatkan contoh desain arsitektur dalam TOD.

Bahan seminar dijadikan pedoman untuk workshop yang diikuti 8 (delapan) Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta yaitu Universitas Bung Karno, Universitas Borobudur, Institut Sains dan Teknologi, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Budi Luhur, Universitas Persada Indonesia dan Universitas Trisakti. Workshop akan dilaksanakan di Gedung Fakultas Teknik UKI, 30 Oktober – 1 November 2018. Nama proyek workshop adalah Kawasan Berorientasi Transit di Cawang Jakarta Timur.