FEB UKI Gelar Pelatihan Metode Penelitian dan Statistik Berbasis SPSS

JAKARTA-REPORTER              Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia (FEB UKI) menggelar Pelatihan Metode Penelitian dan Statistik Berbasis SPSS.  Pelatihan dilakukan di Ruang Eksekutif Lantai 2 FEB UKI Cawang, pada tanggal 12 – 13 April 2018. Pembicara dalam pelatihan ialah Dr. Singgih Santoso, M.M., dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

Penandatanganan MoU

Acara diawali dengan ibadah pembuka yang dipimpin oleh Lukas Tarigan, S.E., M.M. Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara FEB UKI dan UKDW juga Mou antara FEB UKI dan Universitas Pakuan Bogor. Penandatanganan MoU antara FEB UKI dan Universitas Pakuan, dihadiri Dekan FE Universitas Pakuan, Dr. Hendro Sasongko, Ak., MM., CA.  Ke depannya, Universitas Kristen Indonesia akan melakukan joint research dengan UKDW dan Universitas Pakuan.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA., membuka pelatihan dan memberikan kata sambutan, “Penelitian merupakan hal yang penting untuk menghasilkan alumni unggulan. Universitas Kristen Indonesia sebagai universitas unggulan akan melahirkan mahasiswa yang berkualitas, memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, serta penelitian yang banyak dan berkualitas.”

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKI, Dr. Josephine Tobing, S.E., M.S., mengungkapkan, “Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian yang dilakukan oleh dosen FEB UKI. Rasa ingin tahu yang besar dari dosen diharapkan dapat membangun FEB UKI ke arah yang lebih baik.”

Dr. Singgih Santoso, M.M. menjelaskan, “Pentingnya peran penelitian dalam pembangunan Indonesia. Apalagi di era revolusi industri saat ini dimana banyak yang menerapkan kampus online. Fakultas Ekonomi Bisnis dapat melakukan penelitian khususnya dalam bidang bisnis. Penelitian dilakukan Structural Equation Modelling (SEM) dengan AMOS. Penelitian bertujuan memberi informasi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan di bidang bisnis. Salah satu kegiatan dalam proses riset kuantitatif adalah analisis data. SEM adalah salah satu alat yang digunakan dalam analisis data riset. Tujuan utama dari SEM adalah menguji sebuah teori yang direpresentasikan dalam sebuah model.”

“Software Statistik yang paling popular dan paling mudah digunakan adalah SPSS.  Saat ini SPSS versi 25 adalah versi SPSS yang paling baru. Namun demikian, menggunakan SPSS 24, SPSS 23 dan versi lebih lama lainnya tidak banyak perbedaan. Software yang khusus menangani data dalam bentuk SEM (Structural Equation Modelling) adalah AMOS,” terang Singgih Santoso.

Dr. Singgih Santoso, M.M. menambahkan secara umum perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif adalah bentuk data yang disajikann. Penelitian kuantatitif berkaitan dengan data dalam bentuk angka, dengan penyajian statistik, sedangkan penelitian kualitatif berkaitan dengan data yang bukan angka, disajikan dalam bentuk naratif.

Dosen FEB UKI juga mendapat pelatihan tentang statistiK univariat dan bivariat menggunakan SPSS, Statistik multivariat menggunakan SPSS, konsep dasar Struktural Equation Modelling, membuat model analisis dengan AMOS dan Statistik multivariat menggunakan SPSS.