Final Lomba Menulis Esai Nasional Tingkat Mahasiswa dan SLTA

Menulis melibatkan dan mengembangkan berbagai keterampilan penting, seperti berpikir kritis dan kreatif, berkomunikasi, berinisiatif, serta literasi informasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKI menggelar Lomba Menulis Esai Nasional untuk siswa SLTA dan mahasiswa se Indonesia dan Seminar Nasional “Generasi Millenial dan Revolusi Industri 4.0”.

“Kegiatan ini untuk memotivasi dan memfasilitasi pengembangan kemampuan dan kompetensi menulis dalam diri generasi muda Indonesia serta mengembangkan wawasan tentang Revolusi Industri 4.0, “ ungkap Saniago Dakhi, dosen Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UKI.

Pada hari Jumat 14 Juni 2019, para finalis lomba esai melakukan presentasi di hadapan para juri di Kampus UKI Cawang. Bahkan ada 1 peserta yang sedang berada di Jepang dan berhasil melakukan presentasi dengan komunikasi skype dengan dewan juri di Kampus UKI Cawang.

Juri dari lomba esai ialah Parlindungan Pardede, M.Hum, Saniago Dakhi, S.Pd, M.Hum, Luh Angelianawati, S.Pd, M.Pd. Kriteria penialaian meliputi penguasaan materi, alat peraga yg digunakan, organisasi ide dan teknik penyampaian.

Parlindungan Pardede, M.Hum (FKIP UKI) dan Dr. Med. dr. Abraham Simatupang, M.Kes (FK UKI) sebagai pembicara memberikan materi keterampilan penting bagi generasi millenial dalam mengarungi Revolusi Industri 4.0.

“Keterampilan complex problem solving dan berpikir kritis diharapkan dimiliki oleh generasi milenial. Mahasiswa dan dosen dapat melakukan blended learning dengan memanfaatkan teknologi dan melakukan diskusi online serta diskusi di kelas. Generasi Milenial harus membawa Indonesia menjadi lebih baik ! “ ujar Parlindungan Pardede, M.Hum

Pemenang Tingkat Mahasiswa

Berikut hasil kompetisi penulisan esai
(Karya tulis para pemenang dapat diakses dengan mengklik nama masing-masing) :

Kategori Mahasiswa

Juara 1 Bagja Riyanto (Universitas negeri Semarang)

Juara 2 Miftakhul Iwan (Universitas negeri Semarang)

Juara 3 Budi Santoso (IAIN Metro)

Juara 4 Anton Agus Pratomo (Institut Teknologi Bandung)

Juara 5 Muhammad Yusril Marom (Universitas negeri Surabaya)

Kategori Siswa SLTA

Juara 1 Arif Muhammad Iqbal (MAN Tasikmalaya)

Juara 2 Rendi Saeful Fatah (MAN Tasikmalaya)

Juara 3 Tesa Adila Giani Buffon (MAN 2 Ponorogo)

Selamat kepada pemenang !