FK UKI dan TNI Beri Pengobatan Gratis Ratusan Pedagang

JAKARTA-REPORTER                       Dalam Rangka HUT Ke-66, Korps Hukum Angkatan Darat Direktorat Hukum Angkatan Darat bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK UKI), Ikatan Alumni FK UKI, dan Rotary Club Indonesia menggelar bakti sosial dengan memberikan pengobatan gratis di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur (23/2), dengan tema “Bersama TNI, Rakyat Sehat, Aman dan Nyaman.”

Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran UKI, dr. Marwito Wiyanto, M.Biomed, AIFM., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FK UKI, dr. Louisa Ariantje Langi, M.Si, para dokter muda FK UKI, Direktur Hukum Angkatan Darat, Brigjen W. Indrajid, S.H., M.H., District Governor Rotary Indonesia, Sumantoro, Kepala UPT Terminal Provinsi DKI Jakarta, Faisol, dan tokoh masyarakat setempat.

Sebanyak tiga ratus pedagang terminal Kampung Rambutan antusias mengikuti pengobatan gratis ini. Dokter dari FK UKI melakukan pendataan kepada pasien dan mengukur nadi, suhu, dan tensi. Tenaga Medis juga memeriksa glukosa, asam urat, dan kolesterol dari pasien. Setelah diperiksa, pasien mendapat obat secara gratis. Penyakit yang diderita pasien rata-rata adalah batuk, pilek, darah tinggi, infeksi saluran pernapasan akut, dan penyakit kulit.

Mahasiswa FK UKI juga membagikan souvenir untuk masyarakat. Pengadaan obat disediakan oleh Yayasan Rotary Indonesia dan FK UKI menyediakan tenaga medis sebagai tempat berkonsultasi.

Dekan Fakultas Kedokteran UKI, dr. Marwito Wiyanto, M. Biomed., AIFM., mengatakan bahwa Universitas Kristen Indonesia memiliki moto “Melayani, bukan Dilayani” dan memiliki rasa tanggung jawab kepada masyarakat. Mahasiswa maupun dokter muda harus mengetahui masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Dokter muda diharapkan bisa belajar berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

District Governor (2017-2018) Yayasan Rotary Indonesia, Sumantoro Radjiman, mengungkapkan kegembiraanya dapat memberikan pengobatan gratis kepada anggota pedagang di terminal kampung rambutan.

“Masalah kesehatan masyarakat merupakan masalah yang krusial dari tahun ke tahun. Yayasan Rotary Indonesia hadir untuk membantu pemerintah mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat. Salah satunya, keberadaan Rotary penting untuk menghilangkan penyakit polio. Sejak 10 tahun yang lalu, sudah tidak ada Polio di Indonesia. Rotary Indonesia ingin bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Kami memiliki helm khusus yang digunakan saat melayani pasien anak-anak di wilayah yang sulit dijangkau,” ungkap Sumantoro Radjiman.

Direktur Hukum Angkatan Darat, Brigjen W. Indrajid, S.H., M.H., juga memberikan kata sambutan, “Salah satu tugas TNI Angkatan Darat adalah melakukan pembinaan territorial. Pengobatan gratis ini merupakan salah satu cara mengoptimalkan pembinaan territorial agar Angkatan Darat membina hubungan dengan masyarakat. Kami selalu membantu pemerintah dengan membina komunikasi yang baik,” harap Brigjen. Indrajid.

Diharapkan ke depannya ada kerja sama berkelanjutan antara FK UKI dan Angkatan Darat terkait pendidikan kesehatan lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.