Fun English: Using Flash Cards And Realia For Young Learners at TK Gladi Siwi- Lubang Buaya Jakarta Timur

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini mengangkat tema FUN ENGLISH: Using flash cards and realia for young learners”. Berlokasi di TK Gladi Siwi Jl.Mundu no. 42 Jakarta Timur. Kegiatan tersebut dilakukan oleh para bapak/ibu dosen dari prodi pendidikan bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta. Pada kegiatan tersebut prodi memperkenalkan dan mendampingi guru-guru TK Gladi Tiwi dalam hal penggunaan media pembelajaran dalam bahasa Inggris yang menyenangkan. 

Kegiatan PKM tersebut merupakan salah satu bentuk Tridharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap dosen kepada masyarakat sebagai suatu bentuk tanggung jawab dalam hal ilmu pengetahuan yang diberikan kepada masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga sebagai suatu perwujudan bentuk kepedulian para akademisi kepada masyarakat terutama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga memiliki mata kuliah Teaching English to Young Learner (TEYL) yang pada kurikulum berbasis KKNI. 

Untuk merealisasikankan kegiatan PkM tersebut, Prodi telah melakukan kunjungan observasi lapangan dan diskusi dengan guru-guru sekolah pada tanggal 12 Desember 2019 dan melaksanakan kegiatan inti pada tanggal 13 Desember 2019. 

Adapun hal yang melatarbelakangi Prodi memilih TK Gladi Siwi- Jl.Mundu No. 42 Jakarta Timur tersebut adalah TK tersebut perlu mendapat dukungan untuk pembekalan penggunaan media pembelajaran dalam Bahasa Inggris dan pengetahuan yang tentang fun English untuk anak anak serta memberikan pelatihan bagi guru-guru TK dalam pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak usia dini.

Kegiatan PKM tersebut diprakarsai oleh para pengajar di prodi pendidikan bahasa Inggris dengan melibatkan mahasiswa/i prodi dengan harapan mahasiswa/i  tersebut dapat memperoleh pengalaman langsung di lapangan tidak hanya mempelajari teori-teori saja di bangku kuliah.

Kegiatan PKM dengan menggunakan media pembelajaran seperti flashcards dan realia dalam pengajaran bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini membuat anak-anak sangat antusias dalam program ini.