Gala Dinner Pisah Sambut Rektor UKI 2018

JAKARTA-REPORTER       Universitas Kristen Indonesia baru saja melantik Rektor barunya, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H. M.H. MBA., masa bakti 2018-2022, menggantikan Dr. Maruarar Siahaan, S.H. Acara pisah sambut rektor UKI pun dilaksanakan di Auditorium Grha William Soeryadjaya, Kampus UKI Cawang (22/2), dengan tema “Perjalanan Karya & Kebersamaan Rektor Masa Bakti 2013-2018 Menuju Rektor Masa Bakti 2018-2022.”

Acara dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Dra. Esther Rela Intarti, M.Th., “Mari dengan segenap hati kita dukung pergantian Rektor UKI dengan sukacita. Ada banyak tantangan ke depan dan Tuhan akan menyertai kita semua,” ungkap Pdt. Esther.

Kemeriahan acara semakin terasa dengan adanya pertunjukan lukisan pasir (sand animation) oleh Abe Rubio yang menggambarkan perjalanan tranformasi UKI. Sivitas Akademika UKI yang hadir turut menampilkan berbagai persembahan untuk Dr. Maruarar Siahaan, S.H., seperti duet Mahasiswa Fakultas Sastra UKI dan pujian-pujian Paduan Suara Mahasiswa (PSM UKI). Panitia acara tak ketinggalan menyanyikan lagu Batak berjudul Nang Gumalunsang yang dipimpin langsung oleh Warek II, Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd., PA.

Pertunjukan lukisan pasir oleh Abe Rubio

Persembahan puisi yang berjudul ‘Tak Kan Pernah Berhenti’ dibawakan oleh salah satu Tenaga Kependidikan UKI, Tiffany. Lalu perwakilan karyawan, Saud Munthe, memberikan kesan dan pesannya, “Selama kepemimpinan Pak Maruarar, UKI selalu aman, kondusif. UKI juga menjadi benteng dari anti radikalisme karena UKI menolak radikalisme. Saya berharap kedepannya banyak akreditasi A yang didapat Kampus UKI,” tutur Saut.

Perwakilan dosen, Lolom Hutabarat, S.T, M.T, mengungkapkan rasa syukurnya memiliki pimpinan seperti  Dr. Maruarar Siahaan, S.H. “Pak Maruarar ingin melayani UKI walaupun sebelumnya tidak pernah berkecimpung di dunia pendidikan. Pak Maruarar seperti sosok ayah yang mengayomi. Ia selalu membina kerja sama dengan pihak luar seperti Kopertis, Dikti, dan asosiasi perguruan tinggi Kristen,” ungkap Lolom.

Dr. Suzanna Josephine Toning, S.E., M.S sebagai perwakilan dekan memberikan kata sambutan, “Pak Maruarar memiliki kemampuan berkomunikasi yang cukup baik, terutama dalam kunjungan UKI ke Ende. Saya merasa termotivasi oleh pak Maruarar dan merasa bersyukur. Untuk kemajuan UKI, dibutuhkan kebersamaan,” tambahnya.

Lalu acara dilanjutkan dengan persembahan lagu ‘Kemesraan’ oleh seluruh Dekan, Wakil Dekan, Kepala Program Studi.  Perwakilan Dekan memakaikan kain ulos dan bunga sebagai tanda kasih dan persahabatan kepada Dr. Maruarar Siahaan S.H. Dr. Bernadetha menyematkan cincin UKI kepada Dr. Maruarar Siahaan, S.H. Lalu Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H. M.H. MBA., memberikan potongan nasi tumpeng kepada Dr. Maruarar Siahaan SH sebagai simbol pemberian tongkat estafet kepemimpinan UKI.

Dr. Maruarar Siahaan, S.H. dalam sambutannya, mengungkapkan rasa terima kasih kepada panitia atas acara pisah sambut yang diselenggarakan, “Kita semua harus bersatu padu agar UKI mendapat akreditasi A, dan dapat mempertahankan sistem IT pada keuangan yaitu e-budgeting. Dukungan kepada Rektor UKI Yang baru juga harus diberikan,” ujar Dr. Maruarar.

Dr. Dhaniswara mengungkapkan kebahagiannya memiliki banyak kenangan dengan Rektor lama, Dr. Maruarar Siahaan, S.H., “Pak Maruarar seperti guru dan membimbing saya ke depannya. Ia mampu mengangkat nama UKI. Pak Maruarar selalu menerapkan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Saat ini kita akan memulai perjuangan,” tegasnya.

Perwakilan dari Yayasan UKI Dr. Antony Sihombing menyampaikan, “Kita dukung Rektor UKI yang baru untuk membangun UKI. Bapak Dhanis adalah Rektor untuk seluruh UKI. Inilah saatnya Pak Dhanis membuktikan perwujudan UKI yang baru,”pungkas beliau.

Suasana terasa hangat dan penuh keceriaan, acara ini ditutup dengan gala dinner, pembagian door prize, serta penampilan dari East Voice.