Gelar Wicara IAS FISIPOL UKI, “The Internet of Things, Posisi Sarjana Sosial Politik di Era 4.0”

JAKARTA-REPORTER                       Institute of ASEAN Studies (IAS) FISIPOL Universitas Kristen Indonesia mengadakan gelar wicara (talkshow) dengan tema “The Internet of Things, Posisi Sarjana Sosial Politik di Era 4.0”. Perempuan cantik dan berprestasi di dunia Internasional asal Indonesia ini menjadi narasumber pada seminar tersebut. Beliau adalah Putri Silalahi, Instagram Communication Manager for Asia Pacific. Talkshow diadakan di Ruang Video Conference, Gedung AB, Kampus UKI Cawang, Jaktim (2/10/2018).

Putri Silalahi (kiri) menerima plakat dari UKI

Tampak Wakil Rektor II UKI Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd., P.A., Ketua Lustrum UKI XIII Juaniva Sidharta, S.E., M.Si., serta para Dosen FISIPOL UKI menghadiri kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, generasi kekinian.

Juaniva Sidharta, S.E., M.Si., memberikan kata sambutan saat mengawali kegiatan, “UKI ingin menjadikan lulusannya menjadi sarjana yang memiliki nilai lebih di tengah masyarakat, di era globalisasi ini. Talkshow ini diharapkan dapat membuat mahasiswa semakin cerdas dalam memanfaatkan teknologi,” tutur Juaniva.

Menurut Putri Silalahi, Mahasiswa kini semakin cerdas dalam memanfaatkan teknologi internet. Tujuan masyarakat menggunakan internet pada umumnya ialah untuk berbisnis, menyuarakan sesuatu agar didengar, dan membangun komunitas.

“Mahasiswa harus bisa mencerna informasi di internet, kreatif dalam menggunakan media sosial , dan bekerja keras,” ujar wanita berdarah batak ini.

Lulusan Saint Louis University, Amerika Serikat, ini menjelaskan bahwa mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi sudah harus mulai mempelajari dasar-dasar pemasaran (marketing). Kreativitas sangat penting digunakan dalam memasarkan dan memperkenalkan suatu produk.

“Saat ini hal yang paling diminati di Instagram secara global ialah sport, otomotif, fashion dan travel. Sementara di Indonesia sendiri musik, hiburan, fashion and beauty menjadi hal yang paling diminati di Instagram. Mahasiswa dapat menangkap peluang ini untuk mulai melakukan bisnis dari Instagram. Caranya dengan rajin mem-posting dan kreatif dalam menampilkan video produk yang dijual,” kata Putri Silalahi.

Gelar Wicara IAS FISIPOL UKI ini diakhiri dengan penyerahan plakat dan suvenir untuk Putri Silalahi serta foto bersama dengan seluruh hadirin.