Hitachi Hibahkan Mikroskop Bagi Perguruan Tinggi

Salah satu perusahaan teknologi terkemuka asal Jepang, Hitachi memberikan hibah lima buah Tabletop Microscope. Bantuan hibah mikroskop produk terbaru Hitachi tersebut merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap peningkatan pendidikan di Indonesia. Khususnya untuk memaksimalkan potensi riset di Indonesia. “Bantuan ini diberikan guna mendukung pengembangan riset di Indonesia. Dapat digunakan untuk pemanfaatan obat-obatan, sumber energi, penanganan hama penyakit dan lainnya,” kata Sekretaris Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Indroyono Soesilo dalam sambutannya di acara penyerahan, Selasa (13/12), di Aula Grha William Soeryadjaya, Fakultas Kedokteran UKI, Jakarta.

Indroyono, yang mewakili ketidakhadiran Menko Kesra, Agung Laksono, mengungkapkan bahwa Tabletop Microscope adalah suatu perwujudan nyata atas komitmen Hitachi untuk mengembangkan teknologi Scanning Electron Microscope di Indonesia. “Berharap dapat dimanfaatkan untuk tujuan penelitian,” pesannya. Sementara itu, Chairman Hitachi Corporation, Mr Obayashi pada kesempatannya mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan terhadap produk Hitachi yang digunakan di Indonesia.Karena itu, bertepatan dengan peringatan 100 tahun berdirinya, Hitachi memberikan hibah mikroskop ini kepada lima perguruan tinggi di Indonesia. Kelima perguruan tinggi tersebut, antara lain Universitas Kristen Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Alasan memilih Indonesia, menurutnya adalah karena Indonesia memiliki kesamaan dengan Jepang yang merupakan negara kepulauan, memiliki banyak gunung aktif dan sumber alam lainnya. “Kita memiliki beberapa kesamaan,” ungkapnya. Sebagai tuan rumah penyelenggara sekaligus salah satu penerima hibah, UKI yang dihadiri langsung oleh Rektor, Maruli Gultom menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan tersebut. Ia juga mengucapkan selamat untuk Hitachi yang telah memasuki usia satu abad. (OR/Dav)