Ibadah Syukur Kemenangan FH UKI dalam NMCC Piala Prof. Soedarto VI Di UNDIP Semarang

JAKARTA-REPORTER Universitas Kristen Indonesia kembali mengukir prestasi. Kali ini Mahasiswa/i Fakultas Hukum UKI membawa nama UKI dalam National Moot Court Competition (Kompetisi Nasional Peradilan Semu) Piala Prof. Soedarto VI, yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, di Kampus UNDIP Semarang, pada 16-18 September 2017 lalu. Tim Peradilan Semu FH UKI yang mendelegasikan 19 orang anggotanya berhasil meraih Juara II, mengalahkan 14 dari 16 universitas ternama lainnya seperti UGM, UNPAD, USU, UNIKA ATMAJAYA, dan Universitas Tarumanegara, yang juga mengikuti kompetisi ini.

Atas prestasi mahasiswa/i UKI yang membanggakan tersebut, Fakultas Hukum UKI mengadakan ibadah syukur dan pemotongan tumpeng di Ruang Seminar UKI lantai 3, Cawang, (3/10). Ibadah ini dipimpin oleh Pendeta Kampus, Pdt. Wellem Sairwona, M. Th., dan dihadiri oleh keluarga besar Fakultas Hukum UKI.

Pdt. Wellem membawakan Firman Tuhan (Mazmur 7:18), tentang ucapan syukur atas keadilan Allah.

“Secara manusiawi, kita bersyukur, kita bangga dengan kekompakan, kerja sama, dan prestasi yang kita raih, tetapi Firman Tuhan pada siang hari ini mau mengingatkan bahwa ada faktor ‘X’, yaitu sebenarnya sangat-sangat besar peluangnya, yang itu di luar kemampuan kita. Artinya, kalau kampus-kampus lain yang tidak kalah besar namanya, mereka ternyata tidak bisa lolos, tidak masuk final, dan menjadi juara. Maka, mestinya kita menerima juga juara ini dengan kerendahan hati karena kita sadar apa yang kita raih ternyata ada campur tangan Tuhan juga di dalamnya,” kata Pdt. Wellem.

Pdt. Wellem juga berpesan agar prestasi yang telah diraih tidak membuat para pemenang merasa cepat puas, tetapi harus menjadi motivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

“Apa yang terjadi hari ini belum tentu besok terjadi lagi, oleh karena itu kalau kita mau menghayati ungkapan syukur secara bijaksana, maka keberhasilan yang kita raih hendaknya menjadi dorongan untuk kita lebih lagi berjuang, belajar, dan berusaha, sehingga kalau kemarin kita juara di kompetisi nasional, kita berdoa untuk kita bisa masuk kompetisi internasional. Itu sudah diperoleh beberapa Fakultas Hukum di universitas lain. Kalau ucapan syukur itu kita

lakukan dengan sungguh-sungguh, kita mengerjakan hal-hal yang baik, maka Tuhan akan tambahkan,” pungkas Pdt. Wellem.

Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Pembina UKM Peradilan Semu FH UKI, Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H., mewakili para Pembina PERSEMU FH UKI lainnya. Beliau menyampaikan apresiasi atas kerja keras para delegasi selama 6 (enam) bulan dalam mempersiapkan segala keperluan kompetisi.

“Saya juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi dan selamat kepada adik-adik kami, baik peserta yang beberapa waktu lalu kita bersama-sama di UNDIP, maupun yang tidak ikut, bahwa ini adalah keberhasilan kalian. Ini adalah upah dari jerih payah yang selama ini kalian lakukan selama 6 bulan, pulang larut malam, bahkan sampai tinggal di kampus untuk hal-hal yang positif. Kami pantau itu. Kami mengapresiasi ini karena ini bukan untuk kepentingan mereka pribadi, tetapi itu untuk mengharumkan nama almamater yang mereka cintai yaitu UKI, dan untuk mempermuliakan nama Tuhan Yesus,” tutur Jimmy.

Dekan Fakultas Hukum UKI, Hulman Panjaitan, S.H., M.H., juga menyampaikan ucapan selamat kepada Tim PERSEMU FH UKI, dan beliau menyatakan rencananya ke depan untuk menyelenggarakan kompetisi Peradilan Semu di Kampus Universitas Kristen Indonesia.

“Pada saat yang berbahagia ini, kami atas nama FH UKI menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada delegasi Peradilan Semu fakultas kita yang mendapat JUARA II dalam Kompetisi Peradilan Semu Piala Sudarto ke-VI. Bagi adik-adik yang berkompetisi di Semarang, perjuangan kalian betul-betul menuai hasil, tidak sia-sia setelah 6 (enam) bulan berlatih. Ini hasil yang Saudara dapatkan, membawa nama baik FH dan Universitas. Jadi, kami ikut berbangga dan bersenang atas prestasi yang Saudara capai. Seperti yang beberapa kali disampaikan dalam beberapa kesempatan, sesungguhnya kita bermaksud akan menjadi penyelenggara (kompetisi Persemu), kita berusaha untuk menghimpun beberapa peserta kompetisi yang kita laksanakan di UKI,” tutur Hulman.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Hukum, dan Kerja Sama, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., yang juga alumni Fakultas Hukum UKI.

“Perkenankan saya atas nama Pimpinan Universitas, atas nama pribadi, selaku alumni FH UKI, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya. Memang ini bukan prestasi yang pertama kali, tapi berkali-kali, karena kita juga mau kasih lihat bahwa UKI itu hebat. Tetapi ingat, kita tidak boleh besar kepala, kita harus rendah hati karena ini semua saya mengerti, ini karena

kerja keras dari adik-adik, pembina, pelatih, dari pimpinan, tapi yang paling penting ini karena kasih sayang Tuhan kepada kita yang sangat luar biasa,” kata Dr. Dhaniswara.

Akhir acara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dekan Fakultas Hukum UKI, bersama Warek III, perwakilan Dosen, perwakilan delegasi PERSEMU FH UKI, dan perwakilan orang tua delegasi.

Selamat untuk PERSEMU FH UKI! VIVA UKI! UKI HEBAT!