Kampus UKI Berikan Program Bantuan UKT kepada Setiap Mahasiswa

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  RI meluncurkan program bantuan UKT atau Uang Kuliah Tunggal hingga Rp 2,4 juta setiap mahasiswa. Bantuan tersebut akan diberikan pada bulan September 2021 mendatang. Program bantuan UKT merupakan respon dari Kemendikbudristek terhadap banyaknya mahasiswa yang terdampak COVID-19. Pimpinan perguruan tinggi diberikan kewenangan dalam menentukan penerima bantuan tersebut.

Wakil Rektor UKI Bidang Keuangan, Pemasaran serta Administrasi Umum Dr. M.L. Denny Tewu S.E., M.M. menjelaskan,”UKI  menerima dan menyalurkan dana UKT bagi mahasiswa yang membutuhkan atau terdampak Covid -19 pada semester sebelumnya. Pada semester ini pada bulan September 2021, dana UKT UKI akan diberikan bagi mereka yang memenuhi syarat dan layak menerima bantuan tersebut.”

“Adanya bantuan pemerintah dalam hal ini untuk dunia pendidikan agar generasi muda Indonesia tetap bisa menjalankan pendidikan untuk kedepannya. UKI menerapkan generasi yang unggul dan berkualitas di masa pandemi covid 19 ini,” ujar Denny Tewu.

UKI memiliki nilai-nilai yang membentuk karakter mahasiswa/i nya menjadi manusia unggul dan dewasa. UKI sudah melahirkan begitu banyak alumni yang berkontribusi diberbagai bidang pemerintahan maupun swasta. Saat ini pun UKI telah menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Dengan adanya bantuan UKT ini sangat membantu mahasiswa dalam pembiayaan perkuliahan sehingga mahasiswa yang mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19 dapat melanjutkan perkuliahan pada semester gasal Tahun Akademik 2021/2022,” tutur Wakil Rektor UKI Bidang Kemahasiswaan, Alumni  dan Hukum, Angel Damayanti, S.IP, M.Si, M.Sc, P.h.D.  

“Kami tentunya memberikan apresiasi atas perhatian Pemerintah untuk menjaga keberlangsungn kuliah bagi mahasiswa/i yang terdampak covid-19. Kita berharap juga masyarakat umumnya yang memiliki kelebihan juga membantu adik-adik yang ingin kuliah namun terbatas kemampuan finansialnya,”ujarnya lagi.

Adapun syarat penerima bantuan UKT Kemendikbud-Ristek 2021 adalah sebagai berikut:

  • Bantuan UKT Kemendikbud-Ristek 2021 hanya bisa diterima oleh mahasiwa yang masih aktif kuliah.
  • Mahasiwa yang bisa mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud-Ristek 2021 bukanlah penerima KIP Kuliah.
  • Mahasiswa yang bisa mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud-Ristek 2021 bukan penerima bantuan beasiswa bidikmisi atau beasiswa dan bantuan lain dari pemerintah.
  • Kondisi keuangan mahasiswa sangat membutuhkan bantuan UKT Kemendikbud-Ristek untuk pembayaran di semester ganjil 2021.