Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi: “Berpikir Inovatif, Kreatif dan Adaptif terhadap Perubahan di Masa Pandemi Covid-19”

“Pemerintah RI tidak henti-hentinya berupaya memutus pandemi Covid-19, termasuk dengan adanya Sentra Vaksinasi di wilayah LLDIKTI Wilayah III. Peran Kehumasan sangat penting terkait komunikasi untuk menyampaikan pesan yang bermanfaat dan efisien. Strategi agar pesan dapat tersampaikan secara efektif. Menjadi tanggung jawab kehumasan untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya agar respon publik positif,” ujar Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc dalam Bimbingan Teknis Kehumasan LLDIKTI Wilayah III  yang dilaksanakan di BigLand Hotel, Kota Bogor, pada tanggal 29 – 30 September 2021.

Prof. Agus Setyo Budi mengingatkan selain berkomunikasi secara digital, kita tidak boleh melupakan aspek komunikasi internal yang dinamis. Antisipasi perubahan cara kerja di masa pandemi dengan berpikir inovatif, kreatif dan adaptif terhadap berbagai perubahan.

Narasumber pertama dalam Bimbingan Teknik Kehumasan LLDIKTI Wilayah III ini ialah Kaezar Maulana, seorang Partner and Senior Consultant Asia PR dan juga merupakan Asesor Kompetensi di bidang Kehumasan.

“Humas Perguruan Tinggi harus bisa bercerita produk perguruan tinggi, inovasi, pencapaian akademisi dan mahasiswa. Jalankan fungsi strategic planning terkait target audiens. Hal lain yang penting adalah Listen when you speak, yang paling sulit dalam berkomunikasi adalah mendengarkan. Tatap matanya dalam berkomunikasi, bangun koneksi dengan lawan bicara, bangun kepercayaan dengan lawan bicara kita. Dan penting lakukan riset apa kebutuhan target audiens kita,” ujar Kaezar Maulana.

Ada beberapa skills PR yang wajib dimiliki diantaranya dapat berkomunikasi dengan orang dari berbagai latar belakang budaya, miliki rasa ingin mengetahui terhadap suatu hal, kemampuan programming dan design, harus bisa mengarahkan Video kreatif, dan harus mengetahui social media platform yang semakin beragam seperti Tik Tok, twitter dan facebook.

Selanjutnya Vice President of Digital Marketing Communication BCA, Rendy Alimudin, menjelaskan terkait konten media sosial, “Hindari konten promosi terlalu tekniks, tidak interactive dan jangan berbicara untuk diri sendiri.”

“Marketer gunakan semua kesempatan untuk lebih dekat dengan existing atau new customer. Tantangannya kita harus up to date agar customer suka sama dengan apa yang kita buat, sehingga mereka akan terus setia. Pelanggan sekarang dengan mudah mencari informasi melalui media sosial,” tutur Rendy Alimudin.

Tayangan lengkap mengenai Bimtek Kehumasan dapat dilihat di Youtube LLDIKTI3 dengan tautan https://www.youtube.com/watch?v=l-co3j7FtNE