KERJA SAMA YAYASAN UKI DAN PPK TABITHA DALAM OPERASIONALISASI RUMAH DUKA

JAKARTA-REPORTER Jumat, (12/2) bertempat di Aula Asrama Akademi Keperawatan UKI, Kampus Cawang, terjadi penandatanganan kerja sama di hadapan notaris, antara Yayasan Universitas Kristen Indonesia (YUKI) dengan Perkumpulan Penghiburan Kedukaan (PPK) Tabitha dalam rangka pembangunan dan pengoperasian Rumah Duka UKI.

Yayasan Tabitha merupakan Badan Pelayanan Kedukaan Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang didirikan sejak 23 Juli 1968. Selama puluhan tahun Yayasan yang memiliki moto “Sobat di Kala Duka” ini telah melakukan berbagai pelayanan kedukaan di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut perwakilan dari Yayasan UKI, Panal Domitian Manurung, S.E., Yayasan UKI hanya menyediakan lahan untuk pembangunan Rumah Duka Modern yang nantinya akan dikelola oleh PPK Tabitha.

IMG_9144
Panal Domitian Manurung, S.E memimpin doa sebelum acara penadatanganan kerja sama dimulai

“Ini perjanjian kerja sama BOT (Build, Operate, and Transfer), bahwa Yayasan UKI menyediakan lahan, mereka (PPK Tabitha) bangun dan mereka operasikan. Nantinya tempat ini akan dirubuhkan semua dan dibangun rumah duka modern,” tutur Panal

Di atas tanah seluas 1500 meter tersebut, akan dibangun Rumah Duka UKI tingkat empat, dengan lantai keempat sebagai ruang krematorium.

Kepada Reporter Panal menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan pelayanan yang saling menguntungkan baik bagi Yayasan UKI maupun PPK Tabitha. “Tabitha memang sudah bergerak di bidang ini (pelayanan rumah duka), cuma memang Tabitha belum memiliki rumah duka di wilayah Jakarta timur. Jadi memang setelah kita mengevaluasi bahwa (kerja sama) ini sangat-sangat prospektif dalam rangka operasionalnya ke depan,” kata Panal.

IMG_9170
Ketua Yayasan UKI Dipl-Ing. Salomo Panjaitan menandatangani kerja sama dengan PPK Tabitha

Selain keuntungan materi, kerja sama ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan citra dan pelayanan Yayasan UKI, UKI, dan unit-unitnya kepada masyarakat.

“Tentu dengan pelayanan rumah duka yang baik,  selain kita mendapatkan (uang) sewa, juga otomatis nama baik YUKI, UKI dengan unit-unitnya akan menjadi baik. Karena memang tujuan kita saat-saat sekarang ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan Yayasan UKI, UKI, dan seluruh unitnya baik akademik, rumah sakit, maupun rumah duka. Itulah yang kita dapatkan dan itu yang menjadi target-target kita ke depan dalam rangka mengubah nama UKI yang kurang begitu baik selama ini. Kita akan membuat pelayanan kita secara kualitas menjadi pelayanan yang diminati masyarakat. Itu yang menjadi target kita ke depan,”pungkas Panal.

kerja sama YUKI dan Tabitha ini merupakan tahap pertama yang berlaku sampai 20 tahun ke depan. Kiranya Tuhan senantiasa menyertai pelayanan Yayasan UKI, UKI, dan seluruh unit-unitnya.

 

(Lis/Jeh/Ted)