Kiprah Akademisi Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI untuk Masyarakat

“Bumi Darurat Sampah Plastik. Maka pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan 3R terdiri dari Reduce, Reuse, Recycle. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama. Recycle berarti mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat, ” tutur Riska Septia Wahyuningtyas, M.Pd, selaku Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI dalam video ditayangkan secara virtual melalui Youtube Jurnal Pro-life.

Sosialisasi secara daring ini ini merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI bersama ibu PKK dan warga RW 12 Kelurahan Klender (Buaran), Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada tanggal 18 – 19 Agustus 2020. Tema dari PKM kali ini adalah Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Pembuatan Kompos serta Sosialisasi Pola Hidup Sehat dan Pemanfaatan Tanaman Pekarangan.

Selanjutnya Riska Septia menjelaskan, ”Pemilahan sampah organik dan anorganik dengan menyediakan tempat sampah organik dan anorganik di setiap kawasan. Pemanfaatan sampah organik dilakukan dengan pengomposan. Sampah organik yang mudah membusuk dan tidak bisa didaur ulang dapat diubah menjadi pupuk kompos yang ramah lingkungan.”

Adisty Ratnapuri, M.Pd. selaku Ketua PkM berharap Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh masyarakat khususnya warga RW 12 Kelurahan Klender, sehingga dapat menciptakan lingkungan hidup dan pola hidup yang sehat.

Lahan Pekarangan berfungsi sebagai Sumber Bahan Pangan saat Pandemi Covid 19

Dosen Prodi Biologi FKIP UKI, Dr. Marina Silalahi, M.Si, menjelaskan pandemik Covid 19 membuat aktivitas masyarakat dibatasi, sehingga banyak aktivitas dilakukan di rumah. “Maka kita dapat memaksimalkan pekarangan rumah untuk menghabiskan aktivitas dan mendapatkan sumber bahan pangan dan pendapatan tambahan, “ ujar Dr. Marina Silalahi dalam tayangan video sosialisasi Pola Hidup Sehat dan Pemanfaatan Tanaman Pekarangan.

Menurut Dr. Marina, masyarakat dapat mencoba membudidayakan sayuran dengan beberapa cara seperti penanaman dengan metode hidroponik. Limbah plastik dapat juga digunakan sebagai wadah atau media penanaman sayuran.

Jenis tumbuhan yang cocok di pekarangan :

1. Lahan sempit: tumbuhan herba semusim (sawi, kangkung, cabe, timun, selada, pokcay)

2. Lahan sedang: kombinasi semusim dan tahunan (ubi, singkong, cabe, timun)

3. Lahan luas: kombinasi pohon, perdu dan herba semusim (mangga, jambu, pisang, jahe, kunyit)

Selain sosialisasi secara daring, pada kegiatan PKM kali ini, Prodi Pendidikan Biologi juga menyerahkan beberapa alat PkM kepada warga, seperti tong sampah, alat komposter lengkap, ember cuci tangan, alat kesehatan (GCU, tensimeter, stetoskop),buku bacaan anak dan remaja untuk perputakaan mini, faceshield , dan 300 masker kain.

Penyerahan dilakukan oleh perwakilan Prodi Pendidikan Biologi UKI, yaitu Adisty Ratnapuri, M.Pd.  serta Mahasiswa (Andriyan dan Novalina) yang diterima oleh Agustian selaku Ketua RW 12 Kelurahan Klender dan Tri Budiyanto, S.Sos., M.Si. selaku Lurah Kelurahan Klender beserta ibu-ibu PKK Klender. Tayangan lengkap tentang pengelolaan sampah dan pembuatan kompos serta tayangan pola hidup sehat dan pemanfaatan tanaman pekarangan dapat dilihat pada melalui Youtube Jurnal Pro-life.