Kondisi Covid 19 Tidak Turunkan Kualitas Perkuliahan

Kondisi Covid 19 bukan alasan untuk berkompromi, sehingga menurunkan kualitas perkuliahan. Justru ini menjadi tantangan untuk seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) penyelenggara dan pelaku pendidikan. The show must go on, artinya perkuliahan tetap dan harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang sudah di undang undangkan dalam peraturan.

Dr. Poerwaningsih Soekarno, SE., MSTr., Kaprodi Magister Manajemen UKI menanggapi situasi perkuliahan di masa pandemi covid 19 khususnya di Prodinya, di sela waktunya menjadi pembawa acara dalam sebuah webinar kuliah umum baru-baru ini.

Bagi mahasiswa yang relatif memiliki waktu lebih banyak di rumah, katanya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk banyak membaca, searching buku, jurnal dan artikel ilmiah yang relevan, bahkan pengetahuan dari disiplin ilmu lain yang terkait, katanya lagi

“Gunakan saat ini untuk berdiam diri, mengendapkan ilmu, merenungkan sehingga tercapai pemahaman,” tegas dia.

Orientasi perkuliahan dalam pandangannya pula, bukan hanya pada jumlah tatap muka , namun lebih kepada kualitas tatap muka, mengingat dosen dan mahasiswa baru familiar dengan kuliah daring.

Untuk dosen, juga dituntut kemampuannya untuk menghantar (deliver) materi kuliah sehingga terjadi penyampaian keutuhan materi yang sesuai dengan RPS (Rencana Pembelajaran Semester)untuk memenuhi capaian pembelajaran sesuai dengan deskriptor Level 6 (untuk S1) dan di Level 8 (untuk S2).

Ia tetap optimis minat mahasiswa baru (camaba) yang akan kuliah di Prodi MM – UKI akan tetap besar. Minat para camaba tersebut disikapi Prodi MM dengan memberikan arahan (saat wawancara) untuk berpikir konstruktif terhadap pemahaman manajemen risiko (sesuai visi, misi Prodi MM).

Selain itu, Prodi MM terus menjalin komunikasi dengan  mahasiswa yang sudah diterima (walau belum mulai perkuliahan).  “Saya buat WA grup mahasiswa baru, kepada mereka sudah saya berikan: jadwal kuliah, nama-nama dosen pengampu di MM dengan latar belakang akademiknya, video-video singkat, materi – materi pengantar kuliah dan  pengetahuan lainnya yang dipelajari di MM,” terang dia juga. (ics)