Kuliah Umum “Nasionologi”

JAKARTA-REPORTER              Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Kristen Indonesia menggelar Kuliah Umum dengan tema ‘Nasionologi’, di aula Kampus Pasca Sarjana UKI Diponegoro, Rabu, 28 Maret 2018. Pembicara dalam kuliah umum ini ialah Drs. Harris Susanto, M.Hum.

Kepala Program Studi Magister Manajemen Pendidian, Dr. Hotner Tampubolon, membuka kuliah umum dan memberikan kata sambutan.

“Program Magister Manajemen Pendidikan ini akan meluluskan pendidik, manajer, guru atau kepala sekolah. Kuliah Umum Nasionologi ini diharapkan dapat diterima dan diterapkan peserta dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pola pikir menerapkan strategi agar bisa lulus tepat waktu,” kata Dr. Hotner.

Drs. Harris Susanto, M.Hum saat menyampaikan Kuliah Umum Nasionologi

Drs. Harris Susanto, M.Hum., mengatakan jika memiliki ‘rasa’ maka tidak takut menghadapi perbedaan. Kalau mengembangkan rasa kita, maka kita dapat berbicara dengan hati. “Banyaknya hiperkapitalisasi menyebabkan munculnya keinginan atau hasrat tertentu. Misalnya kumpulan orang yang menggunakan I-Phone sedangkan teman lainnya hanya memakai telepon genggam yang biasa. Orang tersebut tidak terpengaruh untuk membeli I-Phone juga, jika ia merasa bisa beraktivitas dengan telepon genggam biasa,” ujar penulis buku Nasionologi ini.

Harris Susanto menambahkan, Nasionologi adalah menjauh dari kemiskinan, merdeka dari kematian. Manusia miskin karena tersisih dari pertempuran sumber daya ekonomi, ada pembanding yang lebih dan tidak bisa mengkonsumsi yang orang lain kurang cukup. Manusia yang unggul itu sabar menunggu waktu yang tepat dan sadar dalam menempatkan diri.

Wahyudi, S.T., M.B.A., menjelaskan bahwa Individu dapat secara efektif berkontribusi terhadap kinerja organisasi. Perubahan di era globalisasi menuntut individu menyesuaikan diri dengan perubahan agar organisasi atau perusahaan tidak bangkrut. Pola hidup komsumtif individu haruslah diubah.

Kuliah umum ini juga disertai tayangan video tentang kondisi negara Indonesia dan peserta turut serta berpartisipasi dalam menjawab pertanyan pertanyaan narasumber.