Mandarin In Action 3 se-Jabodetabe

JAKARTA-REPORTER       Pelajar Indonesia terus meningkatkan wawasan dan kemampuan berbahasa Mandarin untuk menghadapi persaingan global di masa depan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UKI), Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin menggelar kompetisi Mandarin in Action ke tiga. Perlombaan diikuti 52 peserta dari 14 SMA se-Jabodetabek.  Kompetisi terdiri dari Lomba Karaoke, Lomba Menulis Hanzi, dan Lomba Pidato. Acara ini digelar di Lobby Keuangan Gedung AB dan ruang kelas Kampus UKI, Cawang Jakarta, pada Jumat, 8 Mei 2018.

Wakil Dekan FKIP UKI, Drs. Kerdid Simbolon, M.Pd., memberikan kata sambutannya pada pembukaan kegiatan,

“Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin merupakan program studi yang memiliki peluang untuk maju. Dosen-dosen di program studi ini dapat memberikan yang terbaik untuk mahasiswanya. Para siswa SMA yang mengikuti perlombaan bahasa Mandarin bisa menjadi mahasiswa di UKI untuk melanjutkan jenjang pendidikan,” kata Wadek.

Acara turut dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai yang disambut oleh seluruh sivitas akademika UKI. Penampilan barongsai sekaligus membuka kompetisi Mandarin In Action.

Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Dewi Sulistyowati, S.Hum., M.Hum. menjadi salah satu juri lomba karaoke bahasa Mandarin. Lagu wajib lomba karaoke ialah Yue Liang Dai Biao Wo De Xin

Kriteria penilaian lomba karaoke adalah artikulasi, ekspresi, penampilan, pelafalan dan suara. Sedangkan kriteria penilaian lomba menulis Hanzi ialah isi teks, kebersihan, kecepatan, kerapihan dan ketepatan penulisan.

Salah satu pemenang perlombaan, Widiesti Bintang Aurora dari SMA PSKD 7 mengaku sudah mempersiapkan diri berlatih karaoke bahasa mandarin selama satu bulan.  “Saya tidak menyangka bisa mendapat Juara 2 dalam lomba karaoke bahasa mandarin ini. Saya suka bahasa mandarin sejak kelas X dan menurut saya bahasa mandarin berkembang sangat pesat dan hampir menjadi bahasa internasional. Hampir di setiap sekolah mengajarkan bahasa mandarin kepada murid-muridnya,” ungkap Widiesti.

Hadiah kompetisi ini adalah Juara 1 mendapat uang Rp. 2.000.000 + Sertifikat dan Piala. Juara 2 mendapat uang Rp 1.500.000 + Sertifikat dan Piala. Juara 3 mendapat uang Rp 1.000.000 + Sertifikat dan Piala.

Pemenang perlombaan bahasa Mandarin ini ialah :

Lomba Menulis Hanzi

Juara 1 Julian Evan dari SMAK IPEKA Tomang

Juara 2 Veronica Yose Ardilla dari SMA Bethel Kosambi

Juara 3 Sabrina Yose Amelia dari SMA Bethel Kosambi

 

Lomba Pidato

Juara 1 Bryan Christopher Wijaya dari IPEKA IICS

Juara 2 Marshella dari SMAK 3 Penabur

Juara 3 Kelly Lanjaya dari Ehipassiko School BSD

 

Lomba Karaoke

Juara 1 Eliyah Gracia Rolianto dari SMA IPEKA Puri Indah

Juara 2 Widiesti Bintang Aurora dari SMA PSKD 7

Juara 3 Natasha dari SMA IPEKA Tomang