Masih Banyak Peluang Bekerja sebagai Perawat

Jakarta – Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang keperawatan gawat darurat, Memiliki lahan praktek klinik  RSU UKI yang merupakan RS pendidikan, Prodi Akreditasi B LAM-PT Kes, dan permintaan bekerja diluar negeri yang masih tinggi adalah sebagian dari sejumlah keistimewaan yang dimiliki Prodi Keperawatan UKI.

Hal ini disampaikan Erita Sitorus, Ners., M.Kep., Kaprodi Keperawatan UKI, di samping menyebut masih ada keistimewaan lainnya. 

Menurut Erita, tidak harus ada rasa takut yang belebihan jika ingin bekerja sebagai tenaga kesehatan, karena saat ini sudah ada program vaksinasi yang diberikan terutama untuk tenaga kesehatan.

Secara kurikulum, kata Erita pula, belum ada yang secara khusus membahas tentang covid 19, tapi ada mata kuliah Patient Safety yang membahas penyakit resiko penularan tinggi dan penyebab kematian karena infeksi, juga Pencegahan Pengendalian Infeksi sehingga kurikulum yang digunakan juga masih relevan dengan perkembangan yang terjadi saat ini.

“Kurikulum khusus sudah diantisipasi oleh prodi keperawatan dengan beberapa kebijakan untuk pencapaian kompetensi dengan tetap mempertimbangkan Keselamatan mahasiswa dan keselamatan masyarakat dan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI) pusat sudah menerbitkan atau menyusun Pedoman dan pencapaian kompetensi di masa Pandemi covi-19,” jelas dia lebih jauh.

Dengan meningkatnya kebutuhan perawat di saat pandemi covid 19 ini diakui Erika memang banyak permintaan Rumah Sakit (RS) yang menjadi rujukan, dan meskipun tidak ada kewajiban untuk memenuhi permintaan tersebut, tapi prodi tetap ikut berpartisipasi membantu pemerintah.

“Prodi aktif memberikan informasi melalui group WA terkait adanya kebutuhan perawat di RS – RS yang menjadi rujukan Covid-19,”ujar dia.

Mahasiswa prodi keperawatan di samping PKL di  RS UKI, juga PKL di sejumlah rumah sakit lainnya yang sudah ditentukan dan bekerjasama dengan prodi. Salah satu syarat dari PKL tersebut adalah melakukan swab antigen,dan jika hasilnya positif tidak diperkenankan mengikuti PKL. Biaya pemeriksaan swab ini sudah dimasukkan sebagai biaya praktek klinik.

Prodi Keperawatan UKI yang memiliki tim pengajar yang adalah dosen-dosen di FK UKI, juga membantu alumninya yang ingin bekerja dengan menginformasikan lowongan pekerjaan dan  memiliki kerjasama untuk memfasilitasi bekerja di Jepang.(ics)