FKIP UKI Selenggarakan Webinar untuk Kenaikan Jabatan Fungsional Akademik para Dosen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia melaksanakan Webinar “Bimbingan Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus” dengan topik “Writing and Publishing Your Paper in Scopus Indexed Journal through WFH” pada Senin, 27 April 2020. Webinar dibuka secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UKI Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si, M.A.Kegiatan yang diikuti 183 peserta ini dilaksanakan melalui aplikasi Microsoft Teams.  

Sebanyak 185 Peserta bergabung dalam Webinar ini, berasal dari berbagai Instansi yang tersebar di Seluruh wilayah Indonesia, baik Indonesia Barat, Tengah dan Timur. Peserta bukan hanya berasal dari Institusi Pendidikan (Universitas, Institute, Akademik, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Sekolah) saja tetapi juga berasal dari Instansi Pemerintahan seperti Dinas Sosial (Jawa Barat) dan BBPPKS (Jayapura, Yogyakarta dan Makassar).

Dekan FKIP UKI, Dr. Drs. Sunarto, M.Hum.  yang memprakarsai acara ini menjelaskan, “Dosen UKI dituntut untuk menulis di Jurnal Internasional terlebih yang terindeks Scopus. Kebutuhan ini terkait dengan kenaikan Jabatan Fungsional Akademik khususnya bagi dosen yang menginginkan naik jabatan dari Lektor ke Lektor Kepala atau dari Lektor kepala ke Guru Besar. Untuk jenjang jabatan sebelumnya, dari Asisten Ahli ke Lektor cukup dengan publikasi di jurnal nasional terakredaitasi. Selain para dosen, para akademisi lain juga membutuhkan tulisannya terbit di Jurnal terindeks Scopus dengan tujuan untuk syarat kelulusan studinya baik di tingkat Master maupun Doktor.”

Dibukanya acara webinar ini untuk umum, kata Sunarto lagi, sebagai salah satu wujud nilai-nilai UKI berbagi dan peduli, berbagi pengetahuan kepada semua orang dan peduli pada kebutuhan akan pelatihan penulisan artikel agar terindeks scopus. Terlebih kegiatan ini dilaksanaakan pada saat bulan puasa di masa WFH, sehingga bagi peserta yang berpuasa dapat digunakan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa.

Narasumber yang dihadirkan ialah Dr. Avid Leonardo Sari (CEO GoAcademica Consulting & Publishing).

Dr. Avid Leonardo Sari, pemateri dalam webinar ini menjelaskan mengenai trik pemilihan jurnal yang akan dituju untuk penerbitan artikel, agar tingkat diterimanya tinggi, sedangkan pembicara yang satunya Irwandi, S.Sos, SE., M.Ag menjelaskan trik menulis jurnal agar dapat tembus scopus baik dari sisi pemilihan topik, referensi dan parafrase yang digunakan dalam tulisan. Dari pemaparan-pemaparan para pemateri tersebut diharapkan para peserta mengerti dan dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas sehingga dapat diterbitkan ke Jurnal terindeks scopus,” jelas dia menambahkan

Pandemi Covid 19 Berdampak FKIP UKI Laksanakan Webinar

Dekan FKIP UKI Dr. Drs. Sunarto, M.Hum menyampaikan, bahwa rencana untuk melakukan seminar bimbingan penulisan scopus sebenarnya sudah lama tercetus sebelum adanya pandemik. Karena adanya pandemik, pelaksanaan seminar secara langsung tidak mungkin terjadi, maka alternatifnya seminar dilaksanakan dengan cara online atau yang sering disebut dengan Webinar.

“Konsep Webinar yang dilaksanakan ini merupakan pengembangan dari perkuliahan online yang dilaksanakan oleh UKI, dengan mengundang peserta-peserta dari luar UKI sebagai tamu (guest) di Meeting Room. Sehingga dapat dikatakan bahwa Webinar ini adalah mendukung UKI dalam mewujudkan sebagai kampus Digital,”terang dia lagi.

Sunarto juga menyampaikan, adanya testimoni dari para peserta webinar, bahwa kegiatan tersebut  sangat bermanfaat, efisien dan fleksibel baik dari sisi biaya, tenaga dan waktu. Dari sisi penyelenggara, kegiatan webinar menggunakan Microsoft Teams tidak banyak membutuhkan biaya,misalnya untuk sewa ruangan, konsumsi, transportasi. Sehingga hal ini mendorong FKIP UKI untuk merencanakan kegiatan-kegiatan webinar berikutnya sebagai tindak lanjut dan pendampingan peserta dalam webinar ini dengan tema-tema yang lebih beragam.

“Webinar ini juga menjadi sarana promosi awal dari kegiatan Seminar Internasional “The 2nd JICSE” yang akan dilaksanakan FKIP UKI dalam akhir tahun 2020, yang mana semua artikel yang dikirimkan oleh para pemakalah diharapkan masuk dalam prosiding atau jurnal yang terindeks scopus,” sambungnya menjelaskan.

“Partisipan yang gagal  tergabung dalam Meeting Room Microsoft Teams karena sudah penuh, dapat tetap menikmati dan berinteraksi pada webinar dengan menyaksikan di live streaming youtube.”

Sertifikat diberikan kepada semua panitia, peserta, Narasumber dan keynote speaker sebagai bentuk apresiasi dari FKIP UKI kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan webinar ini. Bagi peserta, sertifikat ini diharapkan berguna sebagai bukti bahwa mereka telah mengikuti webinar Bimbingan Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus. (ics).