Menuju Kampus Unggulan, UKI Luncurkan Kantor Urusan Internasional

JAKARTA-REPORTER              Launching Office of International Affairs Universitas Kristen Indonesia digelar di Auditorium Grha William Soeryadjaya, Kampus UKI Cawang (26/10/2018). Acara peluncuran Kantor Urusan Internasional UKI diawali dengan talk show bertemakan “Internationalization and Globalization of Higher Education: Challenge and Opportunity” oleh Keynote speaker Menteri Penasihat (Pendidikan) Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Prof. Madya Dr. Mior Harris bin Mior Harun dan dimoderatori oleh Dr. Lisa G. Kailola, S.Sos, M.Pd., Kepala Biro Hukum dan Kerjasama UKI.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono S.H., M.H., MBA membuka secara resmi Kantor Urusan Internasional (KUI UKI) dengan memberikan kata sambutan,

“Kantor Urusan Internasional merupakan bentuk komitmen UKI untuk menjadi kampus unggulan yang mampu berkompetisi di dunia internasional. Pertukaran mahasiswa dan tenaga pendidik ke negara ASEAN akan menambah pengalaman sivitas akademika berada di lingkungan internasional,” kata Rektor.

Prof. Madya Dr. Mior Harris bin Mior Harun mengatakan, Internasionalisasi Perguruan Tinggi haruslah mengutamakan kualitas mahasiswa. Mahasiswa diharapkan memiliki pola pikir global dan kompetensi global. Internasionalisasi dapat dilakukan di dalam kampus yaitu dengan beberapa cara, di antaranya internasionalisasi kurrikulum dan tenaga pendidik, join program, serta kompetensi dan hasil pembelajaran internasional. Kategori utama dalam internasionalisasi adalah mobilitas (mahasiswa, institusi, akademik), kerja sama kemitraan (bilateral, multilateral) dan kurikulum (pengetahuan, kemampuan, dan perilaku).

Menurut Morais dan Ogden (2011), walaupun masyarakat global sangat dipertanyakan dan memiliki banyak segi, tiga kunci dimensi yang diterima secara umum ialah kompetensi global, tanggung jawab sosial, dan keterlibatan masyarakat.

Kantor Urusan Internasional UKI merupakan unit dalam universitas yang bertugas mendukung tujuan internasionalisasi dan menangani mobilitas UKI di lingkup internasional.  Kantor Urusan Internasional UKI ini akan membantu mahasiswa dan akademisi asing dalam mengurus kebutuhan akademiknya selama berkuliah di UKI. Selanjutnya, KUI UKI akan menjembatani hubungan antara sivitas akademika UKI dengan komunitas akademik, universitas, dan lembaga internasional.

Peresmian Kantor Urusan Internasional UKI turut dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Keuangan, SDM, dan Administrasi Umum Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd., PA., Wakil Rektor IIII Bidang Kemahasiswaan, Hukum, dan Kerjasama Dr. rer. pol. Ied Veda R. Sitepu, S.S., MA, Para Dekan Fakultas, dosen, dan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia.

Perayaan ini juga dimeriahkan dengan Tari Mentawai dan persembahan lagu dari Trio East Voice. Acara diakhiri dengan penyematan PIN UKI Hebat dari Rektor UKI kepada Prof. Madya Dr. Mior Harris bin Mior Harun.

UKI Hebat !