National Moot Court Competition, Piala Kementerian Hukum dan HAM RI

Mahasiswa Fakultas Hukum dari empat Universitas dari berbagai daerah berkumpul untuk memperebutkan Piala Kementerian Hukum dan HAM RI dari tanggal 22-26 Februari 2019. Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar National Moot Court Competition di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Gedung Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta dan Hotel Best Western Kemayoran. Universitas Krisnadwipayana keluar sebagai pemenang dalam Kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA menyambut baik kompetisi peradilan semu pidana tingkat nasional yang akan melahirkan penegak hukum yang profesional. Sementara itu Direktur Pidana/ Otoritas Pusat dan Hukum Internasional, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM RI, Kolier Haryanto, M.H., MA, Ph.D, menjelaskan, “Mahasiswa FH dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan dalam menangani kasus dengan mengikuti kegiatan Kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional ini. Peradilan semu menjadi tambahan soft skills setelah mahasiswa lulus. Mahasiswa Fakultas Hukum selain belajar teori ilmu hukum dapat menerapkan praktek hukum dan beradaptasi dengan budaya peradilan Indonesia, “ ujar Kolier Haryanto.

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Milton Hasibuan, S.H., M.H sangat mengapresiasi prestasi  mahasiswa Fakultas Hukum yang mengikuti kompetisi peradilan semu. “Mahasiswa belajar untuk memahami menyelesaikan sengketa di pengadilan serta berperan sebagai hakim, jaksa dan penasehat hukum. Peserta belajar memahami hukum materiil dan hukum formil dari Undang – Undang Terorisme. Selamat kepada pemenang karena ini prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama seluruh anggota tim,” ujar Milton Hasibuan.

Acara dihadiri oleh Dekan FH UKI, Hulman Panjaitan, S.H., M.H, Kepala Program Studi, Poltak Siringo-ringo, S.H.,M.H., beserta mahasiswa, dosen Fakultas Hukum UKI, serta seluruh peserta kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional.

Penyerahan Piala dari Kementerian Hukum dan HAM RI kepada pihak UKI diiringi Tarian Cakalele yang merupakan tarian perang tradisional dari Maluku Utara. Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UKI menambah khidmat berjalannya upacara pembukaan dan saat penyerahan piala kepada para pemenang.

Topik simulasi persidangan ialah Tindak Pidana Terorisme. Tema kompetisi ini merangkai dan menyatukan Indonesia dengan kekuatan bersama melalui penegakan hukum yang kuat demi mencapai nilai keadilan, kepastian, kemanfaatan dalam rangka menunjang sektor pertahanan dan keamanan negara Republik Indonesia.


Mahasiswa Fakultas Hukum dari empat Universitas dari berbagai daerah berkumpul untuk memperebutkan Piala Kementerian Hukum dan HAM RI dari tanggal 22-26 Februari 2019.

National Moot Court Competition, Piala Kementerian Hukum dan HAM RI diketuai oleh Parna Saornauli Simanjuntak. Panitia NMCC diantaranya sekretaris (Anisa Nurul Qoumy dan Hillery Olivia) , bendahara (Eny Pretywaty dan Indriani Kahendau) serta Humas (Lila Pitri dan Putri Cahyani) beserta segenap panitia turut menyukseskan NMCC Piala Kementerian Hukum dan HAM RI.

Dewan Juri terdiri dari Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Saifudin Zuhri, S.H.,M.Hum, Jaksa dari Kejaksaan, P. Permana. T, Dosen FH UKI, Radisman Saragih, S.H., M.H, Advokat dari Peradi, Rivai Kusumanegara, S.H.

Berikut hasil kompetisi :

-Kategori berkas terbaik diraih Universitas Krisnadwipayana

-Terdakwa terbaik diraih Universitas Bandar Lampung

-Saksi ahli terbaik diraih Universitas Krisnadwipayana

-Penasehat hukum terbaik diraih Universitas Jayabaya

-Penuntut umum terbaik diraih Universitas Krisnadwipayana

-Panitera terbaik diraih Universitas Krisnadwipayana

-Majelis hakim terbaik diraih Universitas Krisnadwipayana

Juara 1 Universitas Krisnadwipayana

Juara 2 Universitas Bandar Lampung

Juara 3 UPN Veteran Jawa Timur

Selamat kepada Pemenang !

NMCC UKI, SUKSES!

@nmccuki