PENANDATANGANAN MOU KERJA SAMA PRODI MPAK PPS UKI DENGAN GMDM

JAKARTA-REPORTER    Indonesia darurat Narkoba! Hal tersebut pernah disampaikan oleh Komjen Polisi Budi Waseso, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada awal tahun 2016 di beberapa media nasional. November 2015 tercatat pengguna narkoba di Indonesia mencapai 5,9 juta orang. Narkoba sudah masuk ke seluruh lapisan masyarakat, tak hanya masyarakat sipil, bahkan oknum TNI, Polri, dan BNN pun banyak yang menjadi pengguna. Hal tersebut sudah sangat memprihatinkan.

Universitas Kristen Indonesia (UKI) khususnya Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen Program Pascasarjana (MPAK PPS) merasa terpanggil untuk menjadi program studi yang konstektual, relevan, kreatif, dan inovatif sehingga bisa memberi manfaat langsung kepada masyarakat dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan menyangkut berbagai hal yang sangat dibutuhkan masyarakat Kristen saat ini.

HMS_6991
Suasana perkenalan perwakilan GMDM di hadapan Jajaran dosen dan staf Pascasarjana UKI

Dalam melakukan pengabdiannya kepada masyarakat, khususnya di bidang Pendidikan Agama Kristen yang lebih banyak memberi penekanan pada pengembangan karakter dan spiritual melalui penanaman dan pengembangan nilai-nilai Kristen, Prodi MPAK menyadari perlunya bekerja sama dengan pihak lain. Karena itu, program MPAK bermitra dengan Lembaga Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) yang memiliki visi Memasyarakatkan gaya hidup yang bebas narkoba, seks bebas, HIV/AIDS, premanisme, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan dalam kehidupan pembangunan bangsa.

Atas dasar-dasar tersebut, maka pada Kamis (21/4) bertempat di Kampus Pascasarjana UKI, Jl. Diponegoro, Jakarta Pusat, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Prodi MPAK dengan GMDM. Dari UKI hadir Direktur Program Pascasarjana Ir. Tarcisius Sunaryo, M.A., ph.D, Wakil Direktur PPS UKI Dr. Bintang Simbolon, S.Si., M.Si., Kaprodi MPAK Desi Sianipar, D.Th., Dosen MPAK Pdt. Stanley Rambitan, M.Phil, Pendeta Kampus Pdt. Wellem Sairwono, M.Th, dan Humas PPS Petrus Wahyu. Dari pihak GMDM hadir Pdt. Jefry Tambayong selaku Ketua Umum Bakornas GMDM bersama tiga orang stafnya.

HMS_6989
Pdt. Jefry Tambayong selaku Ketua Umum Bakornas GMDM

MPAK UKI bersama GMDM akan melakukan PkM Penyuluhan Pemuda di Gereja HKBP Distrik XIX dengan tema dan isi yang sudah tersusun. Metode pelaksanaannya kegiatan tersebut berupa penyuluhan, seminar, dan pelatihan.

Pada pertemuan tersebut, Pdt. Jefry mengatakan bahwa Lembaga GMDM sudah berjalan selama 8 tahun atau sejak tahun 2008. Didasari oleh salah satu sinode untuk penginjilan dan pengalamannya saat beberapa kali melayani di penjara, Pdt. Jefry heran melihat kasus narkoba semakin banyak dan 80 persen pelaku adalah orang Kristen.

“Inilah yang melatarbelakangi lahirnya GMDM. Maka GMDM concern supaya orang yang terkena narkoba tidak masuk penjara,”ujar Pdt. Jefry.

HMS_7026
Penandatangan kerjasama MoU antara MPAK Pascasarjana UKI dengan GMDM ( Gerakan Mencegah Daripada Mengobati )

BAKORNAS GMDM hadir dalam bentuk Lembaga Swadaya Masyarakat/LSM (Independen), yang memang lahir dari rasa kepedulian anak bangsa yang terdiri atas lintas agama, suku, profesi, atas dasar tanggung jawab sebagai generasi muda Indonesia terhadap penyakit masyarakat yang semakin mengancam kehidupan generasi bangsa. Program BAKORNAS GMDM adalah membantu Pemerintah dan masyarakat dalam mencegah jatuhnya korban akibat Narkoba, HIV AIDS, Seks Bebas, Aborsi, Premanisme dan Mengantisipasi Ketertinggalan Pendidikan.

Kantor pusat GMDM berlokasi di Jl. Malaka Merah, Blok D No. 22, Malaka Country Estate, Pondok Kopi, Jakarta Timur, 13460. Website: www.gmdm4nation.org.

 

 

(Lis/Ted)