Penandatanganan MoU Kerja Sama UKI dengan Hyupsung University

JAKARTA-REPORTER.  Universitas Kristen Indonesia secara resmi membuka kerja sama dengan salah satu universitas di Korea Selatan, yaitu Hyupsung University. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas Kristen Indonesia, Dr. Maruarar Siahaan, S.H dan Rektor Universitas Hyupsung, Prof. Park Mignon. Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 13 November 2015 bertempat di Ruang Rapat Rektor UKI, Cawang.

HMS_6577
Pendatanganan MoU UKI dengan Hyupsung University

Kerja sama ini terdiri dari beberapa bidang, di antaranya kerja sama dalam pertukaran mahasiswa pascasarjana; pertukaran staf pengajar dan staf administrasi; pertukaran materi akademik, publikasi, dan informasi; kerja sama dalam mengadakan seminar, konferensi, maupun simposium; kerjasama dalam penelitian dan kegiatan akademik lainnya.

Hyupsung University memiliki sejarah yang hampir serupa dengan UKI, berlatar belakang dari misi dewan-dewan Gereja Methodist Korea untuk mendirikan lembaga pendidikan berlatar belakang kristiani, didirikanlah Sekolah Methodist di Seoul pada tahun 1977 yang berubah nama menjadi Hyupsung Universiy pada tahun 1994. Hyupsung University  memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Teologi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Administrasi bisnis, Teknik, dan Seni. Fakultas Ilmu Teologi adalah salah satu unggulan dari universitas ini, serupa dengan UKI yang juga memiliki Fakultas Pendidikan Agama Kristen. Dengan banyaknya kesamaan tersebut, sangat tepat jika UKI dan Hyupsung melakukan kerja sama ini.

IMG_1151
penyerahan plakat dari UKI untuk Hyupsung University

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Hyupsung University memberikan kenang-kenangan berupa boneka  Hanbok (pakaian tradisional Korea Selatan), sedangkan UKI memberikan kenang-kenangan berupa boneka ondel-ondel yang menjadi maskot DKI Jakarta. Penandatanganan MoU ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Rektor Hyupsung University, Prof. Park Mignon, menggunakan bahasa korea.

 

(Red)