Pendampingan Penulisan Proposal Hibah PKM Untuk Dosen dan Mahasiswa UKI

Jakarta- REPORTER Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Kristen Indonesia (UKI) menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Penulisan Proposal Hibah Program Kreativitas Mahasiswa dan Dosen Pembimbing. Pembicara dalam acara ini Prof. Dr. Ernawati Sinaga, MS. Apt., dan Drs. Mudjiono, M.Si dari Kopertis Wilayah III DKI Jakarta. Acara diselenggarakan di ruang seminar UKI lantai III, Kamis (2/11).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Program ini sebagai wadah memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang dipelajari kepada masyarakat luas.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III UKI Bidang Kemahasiswaan, Hukum dan Kerja Sama, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S,H., M.H., MBA, setelah menyampaikan kata sambutannya. Menurut beliau, penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa nantinya bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari hari dan ia berpersan agar para mahasiswa selalu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Prof. Dr. Ernawati Sinaga, MS. Apt., di sesi pertama mengatakan, mahasiswa Universitas Kristen Indonesia harus memiliki kreativitas dalam melakukan penelitian dan berani mengambil resiko. Beliau optimis mahasiswa UKI dapat meloloskan proposal penelitian ke Pekan Ilimah Mahasiswa. Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S. Apt., juga mengungkapkan beberapa topik yang dapat diangkat menjadi penelitian di antaranya ketahanan nasional, kewirausahaan, perubahan iklim, dan kemiskinan.

“Penelitian pemikiran perguruan tinggi sangat diharapkan pemerintah. Penelitian untuk menjawab permasalahan keilmuan bidang eksakta dan sosial humaniora. Kriteria Program Kreatif Mahasiswa meliputi penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kewirausahaan, penerapan teknologi, karsa cipta dan artikel ilmiah, “ jelas pakar biokimia dan biomolekular ini.

Salah satu Program Kreatif Mahasiswa adalah pengabdian kepada masyarakt. Penelitian ini merupakan aplikasi ilmu untuk membantu orang yang kesusahan. Dalam melakukan penelitian, mahasiswa diharapkan memiliki mitra masyarakat yang tidak berorientasi pada profit dan mahasiswa dapat melakukan kerja sama secara tertulis dengan masyarakat yang dibantu.

Di sesi kedua acara, Drs. Mudjiono, M.Si. menjelaskan mengenai program kreatif mahasiswa bidang kewirausahaan dan teknologi. Ia berpesan agar mahasiswa kreatif menciptakan inovasi dan melihat peluang pasar. Beliau mengatakan, “Program Kreatif mahasiswa kewirausahaan harus melihat tiga hal yaitu pihak yang akan membeli, adanya keuntungan atau tidak, dan layak atau tidak.”

Saat sesi tanya-jawab, salah satu mahasiswa Program Studi Matematika UKI menyampaikan bahwa ia bersama timnya berencana membuat alat peraga matematika yang dapat digunakan untuk umum, lalu Drs. Mudjiono, M.Si mengingatkan siapa yang akan tertarik membeli produk. Drs. Mudjiono, M. Si, juga berpesan penilaian proposal akan melihat tingkat kreativitas dan keaslian ide.

Drs. Mudjiono, M.Si menjelaskan, Program Kreatif Mahasiswa penerapan Teknologi harus bekerja sama dengan masyarakat produktif yang berorientasi profit. Program kreatif ini dilakukan dengan berdiskusi dengan usaha kecil menengah. (lulu)