Pendidikan Vokasi yang Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

Jakarta –  Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia hadir untuk menjawab kebutuhan akan sumber daya manusia yang terampil dan profesional sesuai perkembangan Iptek dan tuntutan kebutuhan dunia usaha dan industri

Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Provinsi DKI Jakarta menekankan pentingnya lembaga pendidikan mempersiapkan mahasiswa dan lulusannya, terutama Prodi Keperawatan Fakultas Vokasi UKI untuk berkontribusi dalam penanganan masalah kesehatan di masyarakat.

“Di masa pandemi Covid-19, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam menanggulangi pandemi dan dalam pelayanan vaksinasi. DPW PPNI bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi kebutuhan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa,” ujar Ketua DPW PPNI Provinsi DKI Jakarta, Ns. Jajang Rahmat, M.Kep., Sp.Kep.Kom. dalam dalam Angkat Sumpah Profesi dan Yudisium Fakultas Vokasi UKI Tahun Akademik 2020/2021 pada tanggal 10 November 2021.

Dengan meningkatnya kebutuhan perawat di saat pandemi Covid 19 ini, Prodi Keperawatan Fakultas Vokasi UKI ikut berpartisipasi membantu pemerintah. Mahasiswa Prodi keperawatan di samping Praktik Klinik di  RS UKI, juga di sejumlah rumah sakit lain  yang telah bekerja sama dengan Prodi.

Kurikulum khusus sudah diantisipasi Prodi Keperawatan melalui beberapa kebijakan untuk pencapaian kompetensi dengan tetap mempertimbangkan keselamatan mahasiswa dan keselamatan masyarakat, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selama masa pandemi, Akademisi Fisioterapi UKI juga aktif melakukan sosialisasi virtual dalam bidang fisioterapi traumatologi dan olahraga kepada masyarakat, bekerja sama dengan masyarakat di Kelurahan Cawang sebagai daerah binaan Fakultas Vokasi UKI selama ini.

Sekretaris Yayasan Universitas Kristen Indonesia, Johan Tumanduk, S.H., M.M., M.Min., M.Pd.K menjelaskan bahwa Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI akan menyelenggarakan Program Sarjana Terapan.  “Saat ini prodi di Fakultas Vokasi UKI sedang dalam proses menjadi Diploma Empat atau Sarjana Terapan agar setara dan sejajar dengan profesional lainnya. Mahasiswa Fakultas Vokasi harus dapat meningkatkan kompetensi di bidangnya,”ujarnya.

Fakultas Vokasi UKI melibatkan praktisi dari dunia usaha dan industri (DUDI) dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Dekan Fakultas Vokasi UKI, Maksimus Bisa Lado Purab, S.St.Ft, S.K.M., M.Fis mengatakan “Prodi Manajemen Pajak serta Prodi Perbankan dan Keuangan Fakultas Vokasi UKI berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia. Fakultas Vokasi UKI berkolaborasi dengan dunia industri untuk mengetahui kebutuhan industri.”

Kegiatan turut dihadiri oleh Wakil Rektor UKI, Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si., M.A, Kaprodi Keperawatan, Ns. Erita Sitorus, S.Kep., M.Kep., Kaprodi Fisioterapi Lucky Anggiat Panjaitan, STr.Ft., M.Physio., Kaprodi Perbankan dan Keuangan, Fery Tobing, S.E., M.M., Kaprodi Manajemen Pajak Rudy Sondang Sinaga, S.Pd., S.E., M.M., Sekjen PP Perkumpulan Fisioterapi Indonesia, Muhammad Irfan, SKM., S.FT., M.Fis, Ketua DPD Perbarindo DKI Jakarta, Drs. Ricardo Simatupang, dan Pimpinan KKP, Sistomo, Ak., S.H., M.M.,CA., BKP.

Lulusan Terbaik

Ada 78 mahasiswa mengikuti kegiatan Angkat Sumpah Profesi dan Yudisium Fakultas Vokasi UKI. Angkat Sumpah Profesi didampingi rohaniawan dan dilanjutkan penandatanganan Naskah Sumpah oleh organisasi profesi dan penyerahan buku Kode Etik dari Ketua Organisasi Profesi kepada perwakilan lulusan.

Lulusan Terbaik Fakultas Vokasi Tahun Akademik 2020/2021 adalah

– Program Studi Fisioterapi

   Nama : Made Deandra Arethusa G.

   IPK      : 3.88

– Program Studi Perbankan dan Keuangan

  Nama  : Eva Rianti Silalahi

  IPK       : 3.71

– Program Studi Keperawatan

  Nama   : Aprilia Susanti

  IPK        : 3.92

-Program Studi Manajemen Pajak

  Nama   : Elmi Odor Pita Purba

  IPK        : 3.64