Peningkatan Kualitas Riset Bidang Fisika dan Pendidikan Fisika

JAKARTA-REPORTER Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (FKIP UKI) menggelar acara Physics Fun Week 2017 sebagai acara rutin tahunan dalam rangka Dies Natalis Prodi Fisika FKIP UKI. Salah satu kegiatannya adalah Seminar Nasional Fisika yang mengangkat Tema “Peningkatan Kualitas Riset Bidang Fisika dan Pendidikan Fisika yang Kreatif, Berkarakter, dan berdaya saing untuk Indonesia yang Mandiri” di Ruang Seminar, Gedung AB, UKI Cawang, (16/5).

Peserta yang hadir pada seminar ini adalah mahasiswa/i FKIP UKI, Dekan FKIP UKI, Kaprodi Pendidikan Fisika, tamu undangan, serta siswa/i dan guru pendamping yang sekolahnya diundang untuk mengikuti Lomba Cerdas Cermat Fisika antarSMA.

Seminar ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dengan narasumber Dr. Ir. Irzaman, M. Si. (FMIPA IPB Bogor) dan Dr. Muhammad Nur, DEA (Center for Plasma Research UNDIP).

Dr. Irzaman mengatakan bahwa publikasi hasil riset Indonesia di dunia masih tergolong rendah, menurut Data Scimago (2016), Indonesia menempati urutan ke-57 dari 239 negara. Beliau kemudian memberikan kiat untuk meningkatkan daya saing di bidang Ilmu Pengetahuan Fisika,

“Kiat yang harus dilakukan jurusan atau departemen di suatu fakultas di perguruan tinggi dalam peningkatan data saing dunia riset fisika di Indonesia dalam hal kuantitas dan kualitas adalah dengan membuat road map penelitian,” kata Dr. Irzaman, M. Si.

Sementara itu, Dr. Muhammad Nur, DEA., yang merupakan Ahli Fisika Plasma Indonesia menerangkan tentang “Sains dan Teknologi Plasma dari Riset Laboratorium Sampai Komersial untuk Kemandirian Bangsa”. Dr. Nur menyatakan bahwa masih banyak masyarakat yang awam dengan teknologi ini, padahal di mana-mana sudah ada plasma. Salah satu contohnya adalah lampu neon. Beliau juga mengembangkan teknologi plasma untuk dunia pertanian (produk holtikultura) dan dunia kesehatan.

Setelah coffee break, seminar sesi kedua dilanjutkan. Narasumber yang menjadi pembicara adalah Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M. Sc., Dosen Fisika UNJ yang juga Rektor Sekolah Tinggi Kesehatan Binawan Jakarta. Beliau memaparkan materi tentang Kreativitas dan Inovasi dalam Penelitian.

Menurut Prof. Agus, inovasi adalah sesuatu yang berkenaaan dengan barang, jasa, atau ide yang dirasakan baru oleh seseorang. Meskipun ide tersebut telah lama ada tetapi ini dapat dikatakan suatu inovasi bagi orang yang baru melihat atau merasakannya. Inovasi dan ide kreatif menjadi hal yang juga penting dalam perkembangan dunia fisika.

“Penelitian fisika maupun pendidikan fisika idealnya menantang para peneliti untuk menemukan pengetahuan baru dalam pengajaran fisika yang bisa menggugah para guru menjadi kreatif dalam mengajar fisika sehingga mempermudah para siswa memahami konsep-konsep fisika dan senang melakukan analisis fisika,” tutur Prof. Agus.

Para peserta seminar tampak antusias merespon para pembicara dalam sesi tanya jawab. Acara seminar ditutup dengan penyerahan plakat dari UKI kepada para pembicara.

Rangkaian kegiatan Physics Fun Week 2017 dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat dan Workshop dari Dr. Nur dan timnya.

(jeh/lis)