Perpustakaan UKI Raih Akreditasi “A”

JAKARTA-REPORTER      Perpustakaan Universitas Kristen Indonesia mendapat akreditasi A, setelah sebelumnya Tim Asesor Perpustakaan Nasional Indonesia melakukan penilaian akreditasi terhadap Perpustakaan UKI pada Rabu, 13 Desember 2017. Tim asesor terdiri dari Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib., Drs. Sudirwan Hamid, M.H., dan Isnaeni Putranti, S.Sos. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Kristen Indonesia, Dr. Hotmaulina Sihotang, M.Pd. dan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si., M.A.

Ketua Lembaga Akreditasi Pepustakaan Nasional, Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib mengatakan, perpustakaan menjadi lebih unggul dengan adanya teknologi. Perpustakaan UKI dapat melakukan survei kepuasan pelanggan bagi pengunjungnya untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan.

“Pustakawan membantu mahasiswa yang berusaha mencari informasi di perpustakaan, sehingga pustakawan diharapkan mengetahui isi buku. Mahasiswa lebih baik membaca buku daripada melihat informasi dari telepon genggam, “ terang Bambang.

Kepala Perpustakaan UKI, Rondang R.Damanik, S.Hum memaparkan bahwa perpustakaan UKI menggunakan konsep tradisional dan digital. Visi perpustakaan UKI adalah menjadi perpustakaan yang unggul dalam menunjang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi informasi berdasarkan nilai-nilai Kristiani dan Pancasila. Katalog dapat diakses di website www.digilib.uki.ac.id. Sedangkan karya tulis dosen dapat diakses di reporter.uki.ac.id. Koleksinya adalah hardcopy, BI Corner, Database e-journal, dan database e-book. Website Perpustakaan UKI bisa diakses di www.perpustakaan.uki.ac.id.

“Jumlah pengunjung perpustakaan meningkat sebagai tempat diskusi dan mengerjakan tugas. Namun, jumlah peminjam buku mengalami penurunan di tahun 2017. Perpustakaan UKI melakukan promosi perpustakaan dengan media sosial, milis, dan website, “ ungkap Rondang R.Damanik, S.Hum

Perpustakaan UKI melakukan reposisi peran baru, yaitu sebagai tempat bertemunya komunitas mahasiswa, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan untuk masyarakat umum. Perpustakaan UKI terletak di Kampus UKI Cawang dan di Kampus UKI Salemba.