PKM Fakultas Sastra UKI Bangun Karakter Anak-Anak Melalui Cerita Rakyat

Membangun karakter pada anak-anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cerita dongeng yang berkembang di masyarakat. Dengan mengangkat cerita rakyat, Fakultas Sastra Universitas Kristen Indonesia melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di lingkungan RW 4 dan RW 8 Kelurahan Cawang, Jakarta Timur (19/12). Pada kesempatan ini mahasiswa UKI dari Program Studi Bahasa Inggris mementaskan cerita Danau Toba.

Setelah cerita yang dikemas dalam bentuk drama, sekitar 50 anak dibagi dalam kelompok untuk mendiskusikan nilai-nilai kebaikan yang terkandung di dalamnya. Lurah Cawang Didik Diarjo yang turut hadir dalam kesempatan ini mengapresiasi apa yang dilakukan UKI. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk edukasi non formal yang sudah jarang diterapkan baik di sekolah maupun di rumah. “Kegiatan PKM yang dilakukan UKI merupakan penggabungan antara pendidikan formal dan non formal yang dikemas dalam bentuk cerita yang mengandung nilai-nilai kebaikan di dalamnya. Saya rasa ini merupakan salah satu bentuk edukasi yang merangsang motorik pada anak-anak.”

Didik menambahkan bahwa interaksi semacam ini jauh lebih baik dari pada mengedukasi mereka dengan menggunakan gadget. “Edukasi ini mengajarkan anak-anak untuk melakukan interaksi dengan sesamanya. Saya ingin kegiatan PKM semacam ini terus dilakukan UKI di lingkungan kelurahan Cawang secara periodik. Karena ini sangat membantu anak-anak untuk mengenalkan diskusi dengan segala macam kondisinya.”

Sementara itu Dekan Fakultas Sastra UKI Susanne A.H. Sihotang S.S., M.A. menjelaskan konsep PKM yang dilaksanakan, yaitu upaya untuk menumbuh kembangkan minat baca anak melalui dongeng. Juga melatih kepekaan sosial anak melalui pesan moral dalam dongeng. Dan melatih keberanian anak dan kemampuan bekerja sama dalam tim melalui metode simulasi.

 “PKM ini sudah kami kembangkan selama dua tahun. Rencananya, PKM ini akan kami buatkan modulnya sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa UKI secara berjenjang. Melalui kegiatan ini kami juga melatih mahasiswa untuk berbicara di muka umum yang nantinya dapat digunakan dalam kehidupan profesional mereka. Ini juga merupakan langkah Fakultas Sasta UKI yang memusatkan pada komunikasi kreatif dalam kurikulumnya,” ujar Susanne di pusat kegiatan RW 4, Kec. Cawang.

Kegiatan PKM ini diketuai Mike Wijaya Saragih, S.S., M.Kum dan melibatkan delapan mahasiswa UKI. PKM merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan civitas akademika selain Pendidikan Pengajaran dan Penelitian Pengembangan.