PKM Prodi Ilmu Komunikasi UKI: Pengenalan Minat dan Bakat bagi Kalangan Siswa SMK Paramitha

Jakarta- Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UKI mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema ‘Pengenalan Minat dan Bakat bagi Kalangan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Paramitha’. Mahasiswa Ilmu Komunikasi UKI, Enny Abigail Tribuana dan Laras Nadiananda, turut membagikan  pengalaman mereka dalam menemukan bakat dan minat. Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan tanggal 13 Januari 2022 secara hybrid ini turut di hadiri oleh Kepala Sekolah SMK Paramitha, Kus Tri Dianavera, S.E., M.M.

Akademisi Fisipol UKI, Dr. Chontina Siahaan, S.H., M.Si, menjelaskan,” Kami ingin mengimplementasikan sebagian ilmu dari perguruan tinggi kepada siswa siswi di SMK Paramitha. Kami ingin mengajak siswa-siswi untuk mengenal bakat dan minat. UKI memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat.”

Menurut Dr. Chontina Siahaan, komunikasi merupakan hal yang sangat vital dalam kehidupan. Penting untuk mengkomunikasikan bakat dan minat untuk diketahui orang lain. Anak milenial dapat berkomunikasi dengan media digital seperti YouTube, facebook, whats app, Instagram, line. Gunakan teknologi informasi untuk memberikan apa yang ada di diri kita dengan cepat dan kepada banyak orang. Anak milenial lebih memilih media komunikasi digital atau yang disebut media sosial.

“Bagi siswa-siswi dapat memahami teori Harold Laswell yang mengatakan Ketika ada sesuatu yang ingin diketahui kepada kepada orang lain, maka harus dikomunikasikan’. Kita harus mengetahui diri kita sendiri dan sampaikan kepada orang lain. Kita harus pintar memilih media,” ujarnya.

“Bakat melekat sejak lahir dan perlu dilatih. Minat bisa timbul selama masa tumbuh kembang dan bisa menunjang bakat. Minat memerlukan stimulus. Mengembangkan minat membutuhkan kerja keras,” tambah Dr. Chontina Siahaan, S.H., M.Si.

Dr. Chontina memberikan tips cara meningkatkan kemampuan komunikasi demi kesuksesan minat dan bakat:

  • Jadikan komunikasi sebagai perangkat utama
  • Pandang diri secara positif
  • Miliki pola pikir yang terbuka dan luas
  • Belajar memperhatikan dan mau mendengarkan
  • Jangan takut gagal dan berusaha bangkit lagi