Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UKI, Jawaban untuk Atasi Masalah

Jakarta – Banyak yang berminat masuk ke prodi Bimbingan dan Konseling karena dunia sudah semakin banyak membutuhkan orang-orang yang dapat membantu mengatasi masalah yang sudah semakin kompleks seperti pandemi Covid-19, pengangguran dimana-mana, korban Banjir dan sebagainya.

Renatha Ernawati, S.Pd., M.Pd., menerangkan tentang prodi  yang dipimpinnya yang disebutnya juga tidak sama dengan ilmu psikologi meskipun ilmu psikologi merupakan induk dari ilmu konseling.

“Bimbingan dan konseling lebih banyak mempelajari ilmu pendidikan, ilmu psikologi, ilmu konseling dan teknik-teknik pemahaman individu. Bimbingan dan Konseling membantu mengatasi masalah berdasarkan hasil dari konseling, sedangkan Psikologi membantu mengatasi masalah harus melalui hasil tes psikologi,” lanjutnya menjelaskan.

Untuk seseorang yang berlatar belakang Bimbingan dan Konseling, tambah dia, sangat signifikan dalam mendampingi serta melakukan konseling bagi korban kekerasan. Batasannya ialah bila korban kekerasan telah mengalami gangguan secara psikis yang berlebihan maka ia harus dialih tangankan pada yang lebih berkompeten dalam hal tersebut.

“Masa depan kita, harus kita yang tentukan bukan karena hambatan dari luar diri kita.”Ini tips yang disampaikan Renatha agar tetap semangat kuliah daring dimasa pandemi. (ics)