Prodi Pendidikan Agama Kristen UKI, Tetap Kreatif Di Masa Pandemi

Jakarta – Meskipun masa pandemi dan perkuliahan berlangsung secara daring, bukan berarti tidak ada kreativitas dari Prodi di FKIP UKI, ini yang ditunjukkan Prodi  Pendikan Agama Kristen (PAK).

Sepanjang tahun 2020, para mahasiswa disertakan dalam sejumlah lomba baik nasional maupun regional kampus seperti acara-acara lomba pembuatan poster, seni tari, pembuatan short movie dan vlog, juga lomba vocal grup.

“Sejumlah mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Kristen berhasil menang di sejumlah kegiatan itu,” terang Christina Metalica Samosir, S.Pd.K., M.Pd.K, Kaprodi PAK FKIP UKI.

Kegiatan daring lainnya tetap dilakukan Prodi PAK agar mahasiswa tetap kreatif. Seperti di bidang nalar dengan mengadakan Lomba Karya Mahasiswa baik personal maupun kelompok. Di bidang seni diadakan Lomba Kreativitas Tari modern/klasik/daerah dan dibuat video. Lalu diadakan debat dengan materi-materi berkaitan dengan masa pandemik, membuat refleksi tentang harapan dan realita mahasiswa dalam keseharian mengikuti kuliah dimasa pandemi.

“Kami juga mengadakan lomba cipta lagu dengan tema-tema yang disesuaikan kondisi dan situasi. Lomba lainnya adalah membuat proposal PKM yang juga disesuaikan dalam suasana pendemi,” tambah Christina.

Pihak Prodi kata dia lagi, menyadari kejenuhan perkuliahan daring ini tidak hanya dirasakan mahasiswa tapi juga para dosen, untuk itu penguatan dan penyegaran juga diberikan melalui metode-metode yang kreatif.

Ke depan diharapakan ada diskusi antara prodi-prodi di lingkungan kampus UKI dengan pihak diluar kampus yang melibatkan moderator dan notulen dari pihak mahasiswa. Tema yang diangkat disesuaikan dengan prodi masing-masing. (ics)