Program Peningkatan Kreativitas Mahasiswa

JAKARTA-REPORTER Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (FKIP UKI), menggelar Kuliah Umum bertema “Kreativitas Mahasiswa” selama dua hari, tanggal 6 dan 10 Juli 2017, di Ruang Video Conference Lantai 2, Gedung AB, UKI Cawang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa UKI agar menjadi mahasiswa/i yang kreatif dan inovatif. Acara dibuka oleh Kaprodi Pendidikan Kimia, Dr. Sumiyati, M. Pd.

Kuliah umum hari pertama diisi oleh Sabar Pangihutan Simanungkalit, M.T., dari Pusat Penelitian Kimia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kawasan Puspitek, Serpong. Beliau adalah peneliti muda bidang Teknologi Bionergi, yang juga merupakan Alumni Fakultas Teknik UKI.

Sabar menyampaikan materi tentang “Peningkatan Iklim Akademik Melalui Penelitian dalam Rangka Peningkatan Kualitas Mahasiswa”

“Penelitian dan kreativitas, apa hubungannya?” tanya Sabar kepada peserta yang hadir. Beberapa peserta mencoba menjawab.

“Hubungannya sangat dekat. Meneliti harus kreatif dan kreativitas bisa didapat dengan meneliti. Bagaimana caranya? Cintai apa yg kalian kerjakan sekarang. Kalian tidak akan kreatif kalau kalian tidak mencintai pekerjaan kalian,” ucap Sabar.

Sabar juga berharap melalui pertemuan seperti ini, UKI dan LIPI bisa bekerja sama ke depannya, salah satunya LIPI membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa UKI untuk melakukan penelitian.

Hari kedua tak kalah menarik, narasumber yang hadir adalah Drs. Mudjiarto, M. Sc., yang merupakan Reviewer Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PMK-K) dari KOPERTIS Wilayah 3. acara dibuka oleh Wakil Kaprodi Pendidikan Kimia, Nova Irawati Simatupang. Beliau menyampaikan harapannya di hari terakhir kuliah umum ini agar para mahasiswa bisa lebih bersemangat dan dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya dari narasumber.

“Harapan kami kehadiran Bapak bisa memberikan semangat baru, khususnya bagi adik-adik Prodi Kimia. Smoga PKM ini bisa menjadi kebiasaan, sehingga tidak ada lagi yang nongkrong-

nongkrong di kantin. Jadi, ketika mereka ngobrol ada esensinya. Untuk adik-adik, manfaatkan dan gali informasi sebanyak2nya,” pesan nova.

Mudjiarto menyampaikan materinya yang berjudul “Pengembangan Program Kreativitas Mahasiswa Menuju Program Studi Unggulan”. Menurut beliau saat ini Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sangatlah penting bagi mahasiswa, masyarakat, dan Perguruan Tinggi, karena menjadi bagian dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Pemerintah melalui KOPERTIS menyediakan dana berupa Hibah untuk kompetisi bisnis mahasiswa.

“Konsep dasar PKM adalah kreativitas dan inovasi, meningkatkan kerja sama tim, dan menumbuhkan sikap positif. Kesempatan-kesempatan inilah, coba adik-adik ajukan proposal, karena saya melihat perkembangan saat ini cukup signifikan,” ucap Mudjiarto.

Muadjiarto mengingatkan bahwa kualitas kegiatan mahasiswa sangat penting karena menjadi salah satu indikator penilaian rangking perguruan tinggi, selain kualitas SDM dan kualitas penelitian. Harus diakui kegiatan-kegiatan mahasiswa UKI saat ini kurang menonjol sehingga saat diperlukan dukungan bagi mereka untuk mengembangkan Program Kreativitas Mahasiswa.

Mudjiarto juga memaparkan langkah-langkah penyiapan hingga penyusunan proposal sesuai standar yang ditetapkan oleh Kopertis Wilayah 3, sehingga diharapkan para mahasiswa dapat mengajukan proposal yang berkualitas.

(jeh/lis)