Purnabakti dan Pelantikan Secara Virtual Pembina dan Pengawas Yayasan Universitas Kristen Indonesia Masa Bakti 2020-2025

Acara purnabakti dan pelantikan Pembina dan Pengawas Yayasan Universitas Kristen Indonesia (YUKI) masa bakti 2020-2025 telah diselenggarakan secara daring (by Zoom Meeting and Live Streaming on Youtube), pada tanggal 15 September 2020. Kegiatan ini dilakukan secara online sebagai upaya mematuhi protokol kesehatan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Beberapa perwakilan Pengurus, Pembina dan Pengawas YUKI hadir langsung (on site) untuk mengikuti jalannya acara di Auditorum Graha William Soeryadjaya (GWS), Kampus UKI Cawang.

Kegiatan diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Ibu Pdt. Dr. Henriette Tabita Lebang dengan tema khotbah ”Satu hati untuk melayani dan mewujudkan YUKI yang berkualitas dan berintegritas” berdasarkan pembacaan Alkitab dari Matius 20:25-28.

Lalu dilanjutkan dengan Pengucapan Janji Jabatan Pembina dan Pengawas YUKI Masa Bakti 2020-2025, serta Penandatanganan Berita Acara Pelantikan Pembina dan Pengawas YUKI Masa Bakti 2020 – 2025, yang juga dilakukan secara virtual. Acara ditutup dengan serangkaian sambutan-sambutan, baik dari Pengurus YUKI masa bakti 2020-2025, Pengawas YUKI purnabakti, Pengawas YUKI masa bakti 2020-2025, Pembina YUKI purnabakti dan Pembina YUKI masa bakti 2020-2025.

Ketua Pengurus Yayasan UKI Masa Bakti 2020-2025, Bapak Ir. Eddy Rainal Sinulingga, MBA, dalam sambutannya turut menyampaikan keinginan, “Memiliki kampus digital, rumah sakit canggih dan unit-unit usaha pendukung harus segera menjadi kenyataan. Kebutuhan ini merupakan jawaban ketika kita telah masuk ke dalam era transformasi digital, yang dipercepat melalui peristiwa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Namun upaya ini tentunya memerlukan modal yang tidak sedikit. Untuk itu, kami mengajak Pembina, Pengurus, Pengawas, jajaran Rektorat dan Dekanat UKI, jajaran Direksi RS UKI serta seluruh Alumni UKI dan Mitra Strategis UKI membuka diri seluas-luasnya kepada mitra usaha, donator, sponsor dan investor yang mau bekerja sama dengan kita untuk membangun infrastruktur kampus, rumah sakit dan usaha-usaha komersial lainnya yang saling menguntungkan.”

Bapak Wendur Daniel Robert, S.H. yang mewakili Pengawas YUKI masa bakti 2020-2025 di dalam sambutannya menyampaikan, ”YUKI sejak dahulu sampai sekarang melalui Universitasnya sudah menghasilkan banyak pimpinan, baik di tingkat daerah, nasional dan bahkan tingkat internasional. Oleh karena itu kita harus tetap bersyukur dan bisa mempertahankan kualitas, bahkan kalau bisa kita berupaya untuk lebih lagi meningkatnya agar dapat menyejajarkan diri kita dengan universitas-universitas lain yang sudah terkenal. Menghadapi era globalisasi dan teknologi yang semakin canggih, kita pun harus siap dengan perubahan demi perubahan yang terus bergulir dengan inovasi yang begitu cepat dan instan.”

Pembina YUKI yang purna bakti diwakili oleh Bapak Dr. Maruarar Siahaan, S.H berpesan agar dalam kerangka alih tugas pada tiga organ Yayasan UKI, yaitu Pembina, Pengurus, dan Pengawas, maka fokus perubahan yang diharapkan untuk terus dilakukan adalah dalam kerangka peningkatan akreditasi dari semua unit, dengan segala strategi dan inovasi yang dimungkinkan melalui perencanaan program kerja yang strategis dan terintegrasi.

Beberapa perwakilan Pengurus, Pembina dan Pengawas YUKI hadir langsung (on site) untuk mengikuti jalannya acara di Auditorum Graha William Soeryadjaya (GWS), Kampus UKI Cawang.

“Dana-dana yang ada dapat digunakan untuk menunjang peningkatan jenjang akademik para dosen, sehingga tersedianya dosen dalam perbandingan dengan mahasiswa yang rasional berdasarkan pada rumus yang telah ditentukan Pemerintah,“ ujar Dr. Maruarar Siahaan. 

Begitu juga Pembina YUKI masa bakti 2020-2025 yang diwakili Bapak Dr. Agustin Teras Narang, SH, menyampaikan pesannya “Yayasan UKI adalah milik kita bersama. Tiada kata lain, selain kebersamaan yang harus menjadi kata kunci dalam rangka kita memajukan Universitas Kristen Indonesia dan Rumah Sakit UKI. Oleh karena itu, kami memohon dukugan dan doa dari para senior, Bapak-Bapak/Ibu-Ibu Pembina yang telah memberikan kepada kami suatu tongkat estafet dalam rangka untuk melanjutkan segala maksud dan tujuan untuk memajukan UKI dan RSU UKI.”

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada Bapak/Ibu yang purnabakti diwakili oleh perwakilan Pembina dan Pengawas YUKI purnabakti yang hadir. Semua peserta kegiatan yang hadir secara virtual diberikan kesempatan untuk memberikan ucapan “terima kasih banyak” kepada Bapak/Ibu Pembina dan Pengawas YUKI yang telah mengakhiri masa tugas mereka, sekaligus juga menyampaikan ucapan selamat “melayani, bukan dilayani” kepada Pembina dan Pengawas Yayasan UKI baru yang saja dilantik

Nama Pembina YUKI masa bakti 2020-2025 yang dilantik adalah Dr. Agustin Teras Narang, S.H., Pdt. Jacklevyn Manuputty, S.Th., S.Fil., M.A. dan Dr. dr. Mathilda Yvonne Inkiriwang, Sp.A. Sedangkan nama Pengawas YUKI masa bakti 2020-2025 yang dilantik adalah Lim Kwang Tak, S.E. dan Wendur Daniel Robert, S.H.

Selain dihadiri oleh Bapak/Ibu Pembina dan Pengawas YUKI yang baru dilantik serta mereka yang purnabakti dan Bapak/Ibu Pengurus YUKI masa bakti 2020-2025, acara ini juga dihadiri secara virtual oleh Rektor Universitas Kristen Indonesia, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA., dan jajaran pimpinan UKI, Direktur Utama Rumah Sakit UKI, dr. Setiawan, MARS., dan jajaran pimpinan RS UKI, serta Pdt. Gomar Gultom, M.Th., Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Saor Siagian, SH., MH., Ketua Ikatan Keluarga Alumni UKI (IKA UKI) selaku Mitra Strategis YUKI. Adapun seluruh rangkaian acara diakhiri dengan Doa Penutup oleh Ketua PGI, Pdt. Gomar Gultom, M.Th.

Dengan demikian, maka daftar nama Pembina, Pengurus Dan Pengawas Yayasan Universitas Kristen Indonesia, Per tanggal 15 September 2020 adalah sebagai berikut:

Pembina Yayasan Universitas Kristen Indonesia:

1. Edwin Soeryadjaja, SE

2. Dr. Ir. Budi Setiamarga

3. dr. Norma Dorine Sinaga, MARS

4. Prof. Riris K. Toha Sarumpaet, Ph.D

5. Dr. Agustin Teras Narang, SH {masa bakti 2020-2025}

6. Dr. dr. Mathilda Yvonne Inkiriwang, Sp.A {masa bakti 2020-2025}

7. Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty, S.Th., S.Fil., M.A {masa bakti 2020-2025}

Pengurus Yayasan Universitas Kristen Indonesia: {masa bakti 2020-2025}

  1. Ir. Eddy Rainal Sinulingga, MBA                          
  2. Ir. Jesua Un                                                                      
  3. Johan Tumanduk, SH., MM., M.Min., M.Pd.K     
  4. Eva Simatupang, SH., LL.M          
  5. Endang Indriati      
  6. Ir. Tadius Gunadi, MA
  7. R. Fresley Hutapea, SH., MH., MARS
  8. Ir. Herald Siagian
  9. Edy Rudiyanto, SKM., M.Si
  10. Ir. Amsa M.P. Sitanggang
  11. Arion M.H. Hutagalung, SH., MA., MBA

Pengawas Yayasan Universitas Kristen Indonesia:

  1. Edward Sirait, SE
  2. Lim Kwang Tak, SE {masa bakti 2020-2025}
  3. Wendur Robert, SH {masa bakti 2020-2025}