Seminar dan Workshop “Smart and Green Building: Making Innovative and Creative Designs”  

JAKARTA-REPORTER       Program Studi Teknik Arsitektur dari Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia mengadakan kegiatan seminar dan workshop dengan tema “Smart and Green Building: Making Innovative and Creative Designs”, studi kasus Perancangan Kantor dan Showroom Mobil. Kegiatan ini adalah bagian dari program kerja sama UKI dengan Prodi Arsitektur/ Arsitektur Lanskape FT/FTSP dari 7 Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Acara ini berlangsung tanggal 6-8 Oktober 2015, bertempat di Gedung Fakultas Teknik Kampus UKI Cawang.

HMS_1311
Pembukaan Seminar Smart and Green Building

Hari pertama diawali dengan seminar setengah hari yang disambut oleh Kaprodi Arsitektur FT UKI, Ir. Bambang Erwin, MT., dan Warek I, Prof. Dr. -Ing. Uras Siahaan, Lic rer reg., yang sekaligus dengan resmi membuka acara seminar dan workshop. Dalam sambutannya, Ir. Bambang Erwin, MT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kaprodi dan dosen-dosen yang tergabung dalam  kerja sama 8 PTS di Jakarta.

Workshop ini sebagai wujud dan realisasi kerja sama kita. Kegiatan seperti ini sudah berlangsung dari tahun 2010 dan UKI telah mengadakan workshop dengan tema-tema Green Campus dengan kampus lain seperti UI, YAI, dll. Workshop ini juga sebagai kelanjutan dari Program Smart City,” ucap Bambang.

Prof. Dr. –Ing. Uras Siahaan, Lic rer reg., menambahkan,  Smart City dan Smart Green Building mempunyai pengaruhnya masing-masing.

Green action ini bisa berlangsung continue, smart city tidak hanya masalah teknologi yang canggih tetapi juga masalah sosial, demokrasi, dll. Saya mengharapkan semua bisa berjalan baik tiga hari ini. Saya ucapkan selamat ber-workshop di Smart and Green Building,” tutur Prof. Uras.

 

HMS_1566
Suasana kerja kelompok

Untuk membekali pengetahuan para mahasiswa peserta workshop, diberikan beberapa kuliah pendukung pada hari pertama berupa paparan dan diskusi dengan para ahli Smart Building dan Green Building. Para ahli tersebut adalah Lestari Suryandari, Sp., M.Si., Business Development Manager PT Airkon Pratama, yang memberikan seminar tentang “Sustaining Green Building Features Performance by Applying Smart Building System” dan Ir. Sahala Simatupang, MT., yang membawakan materi tentang “Green and Smart Building: Making Creative and Innovative Designs.”

Hari kedua diadakan diskusi pleno tentang presentasi ide dan gagasan Smart Building, diskusi dan kerja kelompok tentang ide, rancangan, dan strategi pembinaan dengan objek konsep: Ide Smart Building, data lokasi dan tata letak bangunan, dan strategi perancangan Smart Building. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok diharuskan membuat desain dan sketsa dengan skala yang tepat. Terlihat kerja sama yang baik di setiap kelompok.

Pada hari terakhir setiap kelompok ditugaskan untuk membuat sebuah maket show room mobil dengan konsep Green Building. Hasil kerja kelompok (maket) tersebut dipresentasikan dan dinilai oleh dewan juri. Juara pertama dalam workshop tersebut adalah kelompok yang mempunyai konsep gedung berbentuk seperti tunas kelapa. Acara ditutup dengan pemberian hadiah dan sertifikat kepada seluruh pemenang.

 

(Lis/Ted)