SEMINAR INTERNASIONAL “Smart Cities: Sustainable City Development and Urban Mobility System”

Jakarta-Reporter Urbanisasi dan globalisasi menyebabkan berbagai kota di Negara berkembang mengalami perubahan dalam hal fisik, budaya, sosial, dan ekonomi, misalnya seperti peningkatan jumlah populasi, pengembangan bangunan, dan peningkatan kebutuhan sumber daya. Perubahan-perubahan tersebut menghasilkan berbagai masalah dalam hal tempat tinggal (banjir, kemacetan lalu lintas, kurangnya persediaan air), lingkungan (polusi udara dan pencemaran air), kesetaraan (perbedaan sosial, kesenjangan aksesibilitas), ekonomi (kekurangan sumber daya, pengangguran). Dibutuhkan solusi yang sesuai dengan perkembangan yang berkelanjutan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan tersebut.

HMS_0447
Pembicara dari TU Berlin memberikan Seminar Smart Cities

Konsep dari smart city (kota pintar) telah menjadi ide utama bagi kota-kota di negara berkembang, termasuk Indonesia yang sedang berusaha menyelesaikan permasalahannya dengan mengikuti kota di negara berkembang lainnya yang telah berhasil menerapkan konsep smart city dalam pengembangan kota mereka. Meskipun konsep dari smart city tidak lagi baru bagi beberapa negara berkembang, tapi hal ini belum begitu dipahami di wilayah Asia dan Indonesia. Oleh karena itu, Technische Universitat Berlin, alumni TU Berlin, dan UKI bekerja sama mengadakan seminar yang akan membahas tentang beragam topik yang berkaitan dengan smart city dan pengembangan kota dalam berbagai hal (transportasi, bangunan, ICT, energi, air, sanitasi, sosial, politik, lingkungan, dll) dalam bentuk konsep dan ide-ide, hasil penelitian, dan rancangan.

 

HMS_0285
Suasana Seminar Smart Cities di GWS

Kegiatan ini diadakan selama dua hari pada tanggal 18-19 September 2015 bertempat di Kampus Universitas Kristen Indonesia, Cawang, Jakarta Timur. Seminar dihadiri oleh para alumni TU Berlin, tamu-tamu undangan, peserta seminar, mahasiswa, dan rekan media. Seminar internasional tersebut bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam pengembangan smart city di Eropa dan Asia, meneliti peluang dan tantangan dalam menciptakan smart city di Indonesia dan kota lain di Asia, menyediakan kunci strategi untuk Jakarta dan kota-kota lain melalui smart city, dan mempererat kerjasama antara UKI, TU Berlin, alumni TU Berlin dan anggota lainnya.

Pada hari pertama, para Alumni TU Berlin diajak mengunjungi RW-RW di Kelurahan Cawang yang telah mendapat pembinaan dari PKM “Green Action” UKI. Program Green Action adalah program pelayanan dan pembinaan masyarakat yang berwawasan lingkungan hidup. Kegiatan ini dilaksanakan sejak Februari 2015 di wilayah Kelurahan Cawang. Pada kunjungan tersebut, para Alumni disambut hangat oleh semua warga di kelurahan Cawang. Setelah berkeliling kampung, mereka pun berkunjung ke Sekolah Yayasan Amanah, mereka disambut oleh penampilan siswa/i Yayasan Amanah dengan pertunjukkan kreativitas anak seperti tarian dan nyanyian.

 

(Lis/Jez/ASM)