Seminar Konstruksi dan Hukum FT UKI “Perspektif Hukum Kontrak Konstruksi Menurut Badan Pemeriksa Keuangan dan Penyedia Jasa Konstruksi”  

JAKARTA-REPORTER     Jasa konstruksi mempunyai peranan penting dalam kemajuan pembangunan peradaban dunia, namun di Indonesia bisnis ini belum dilindungi oleh negara dan asosiasi yang terkait dengan penyediaan dan pengadaan jasa. Kamis, 29 Oktober 2015, bertempat di Grha William Soeryadjaya, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Kampus Cawang, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi DKI Jakarta, INKINDO DKI Jakarta, PT. Glodon International sebagai pihak sponsor acara dan Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia bekerja sama mengadakan Seminar Konstruksi dan Hukum dengan tema “Perspektif Hukum Kontrak Konstruksi Menurut Badan Pemeriksa Keuangan dan Penyedia Jasa Konstruksi”.

Acara diawali oleh sambutan dari Ketua Panitia Seminar Dr. Ir. HM. Hanafi D., S.H., MM, beliau menyampaikan rasa terima kasih dan sambutannya. “Seminar ini bertujuan untuk mengembangkan jasa konstruksi, meningkatkan pelayanan jasa konstruksi, dan meningkatkan partisipasi jasa konstruksi. Terima kasih dan penghargaan juga untuk para sponsor dan para jajaran panitia,” sambut Hanafi.

Sambutan dilanjutkan oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Peter Frans, di mana INKINDO sebagai wadah perusahaan-perusahaan nasional. “INKINDO adalah Ikatan Nasional Konsultan Indonesia sebagai wadah perusahaan, kami beranggotakan 900 perusahaan untuk wilayah DKI, kalau skala nasional INKINDO sekitar 7000 perusahaan yang tersebar di 33 provinsi” ujar Peter.

HMS_4945
Rektor UKI Dr. Maruarar Siahaan., S.H memberi sambutan nya di depan peserta seminar

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UKI Dr. Maruarar Siahaan., S.H., beliau mengatakan bahwa ke depan lapangan kerja terbuka harus direnungkan karena dalam APBN ke depan ini dana infrastruktur cukup besar. “Dimana tempat mahasiswa UKI ke depan kalau tidak ikut merebut masa depan ini? karena anggaran yang begitu besar kalau tidak ikut berperan dalam hal ini, saya kira ini kesempatan yang besar bagi seluruh penyedia jasa,” ucap Rektor.

Ketua LPJK DKI Jakarta Ir. Heru Panatas., MM juga menyampaikan sambutannya, “Saya ingin seminar kali ini membuka nuansa kita bagaimana hal-hal yang berkaitan dengan kontrak konstruksi kita bedah bersama dari kacamata BPK maupun dari kacamata Undang-Undang Jasa Konstruksi,” terang Heru.

HMS_4957
Pembicara dan moderator sesi pertama dalam acara seminar konstruksi dan hukum

Keynote Speaker, Ir. Mas’ud Dohim, MBA, MM, AUt.HAEI menjelaskan bahwa membangun pengertian hukum yang benar dan persepsi yang sama tentang isi kontrak yang dilakukan oleh penyedia jasa konstruksi dan pengguna jasa perlu menjadi perhatian bersama. “Tentu jika terjadi kesamaan pengertian dan persepsi hukum akan menciptakan harmonisasi di dalam implementasi pekerjaan sehingga terhindar dari masalah sengketa, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi No. 14 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 28 Tahun 2002, ” jelas Mas’ud.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan seminar sesi pertama yang dimoderatori oleh Ir. Pinondang Simanjuntak, MT dari FT UKI, dengan para pembicara Ketua Umum DPN Intakindo, Dr. Ir. H. Djoko Soepriyono, S.H.,MT., M.Hum yang mempresentasikan makalah dengan judul “Konflik dalam UU dan Peraturan yang Berlaku dalam Jasa Konstruksi di Indonesia”, dan pembicara dari BPK, Novy G.A Palenkahu, MBA., Ak., dengan judul presentasi “Penerapan Peraturan yang Menjadi Dasar BPK dalam Memeriksa Industri Jasa konstruksi”. Setelah presentasi, dibuka sesi tanya-jawab untuk peserta seminar.

HMS_4996
antusias peserta dalam sesi tanya jawab

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan seminar sesi ke dua yang di moderatori oleh Ir. Sopar H. Butarbutar, M.Sc., dari INKINDO DKI, dengan pembicara Ir. Victor H. Sianipar selaku ketua BAM INKINDO DKI Jakarta yang mempresentasikan makalah berjudul “Berbagai Konflik, Perkara Hukum dan Perselisihan Dalam Industri Jasa Konstruksi dalam Perspektif UUJK dan UU Lainnya” dan Ibu Aartje Tehupelory, S.H., MH. Cand. Dr., Ahli Hukum UKI dengan judul makalah “Perlunya Perubahan terhadap Undang-Undang Jasa Konstruksi dan Peraturan Turunan Menghindari Konflik dengan Undang-Undang/Peraturan Lainnya”. Kemudian dilanjutkan juga dengan sesi tanya jawab.

Seminar ditutup dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada para narasumber dan moderator yang dilanjutkan dengan berfoto bersama jajaran panitia acara Seminar Hukum dan Konstruksi.

(Ted/Red)