Seminar “Love, Sex, and Dating”

JAKARTA-REPORTER Unit Pelayanan Konseling dan Kerohanian Universitas Kristen Indonesia (UPKK UKI) menggelar seminar dengan tema “Love, Sex, and Dating” yang dilaksanakan di ruang Video Conference UKI (13/6/2018), dengan pembicara Pdt. Dra. Esther Rela intarti, M. Th., dan dr. Desy Ria Simanjuntak, M. Kes., dimoderatori oleh Juliani Tampubolon, S.Psi., M.Pd.K., dari UPKK UKI.

“Dalam Kejadian 2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Di mana love, sex, and dating diberikan karena adanya fenomena terkait dengan tugas dari Tuhan untuk anak muda bagaimana nantinya kelak akan berumah tangga,” jelas Pdt. Esther.

Pdt. Esther, Kepala UPKK UKI, saat memaparkan materi

Pdt. Esther mengatakan bahwa rata-rata remaja di Indonesia berpacaran pada usia 15 tahun, di mana cara untuk menyatakan kasih sayangnya adalah dengan berpegangan tangan. Dalam survei yang disampaikan oleh Pdt. Esther adalah pria melakukan seks pranikah paling banyak berada di provinsi Maluku Utara (24%), sedangkan pada wanita yang melakukan seks pranikah  paling banyak di provinsi Nusa Tenggara Timur (9,1%).

Kasih, Kasih itulah yang melandasi seks dan cinta itu berasal dari Tuhan sebagai suatu anugerah. Pacaran adalah gerbang pernikahan yang kudus, sedangkan persahabatan yang sejati adalah gerbang di mana seseorang akan menuju ke masa berpacaran. Setelah Pdt. Esther memaparkan materinya, materi selanjutnya dipaparkan oleh dr. Desy.

“Dari setiap hal ada konsekuensinya. Anak muda identik dengan semangat dan gairah yang tinggi,” tutur Dosen FK UKI ini.

dr. Desy mengatakan, ada dua hal yang pasti di dunia ini yaitu lahir dan mati. Karena pada akhirnya semua perilaku kita baik positif maupun perilaku yang negatif di dunia ini harus di pertanggungjawabkan. Dosen FK UKI ini menyarankan dan juga menegaskan kepada para mahasiswa yang hadir, bahwa kita semua mempunyai kesempatan hanya satu kali di dalam dunia ini. Jadi, tinggalkan teman-teman yang tidak akan membuat kita menjadi lebih baik.

Seminar ini diakhiri dengan menyanyikan lagu L, O, V, E dilanjutkan dengan doa penutup yang di pimpin oleh Pdt. Esther.