Seminar Nasional “Penguatan Fungsi Legislasi DPD RI” Kerjasama Kelompok DPD RI di MPR RI dengan FH UKI

JAKARTA-REPORTER. Salah satu poin penting dalam penataan sistem ketatanegaraan adalah penataan kewenangan DPD RI. Sebagaimana diketahui, kewenangan DPD RI dalam konstitusi bersifat sangat terbatas sehingga DPD RI kurang optimal memperjuangkan kepentingan daerah dalam kebijakan nasional. Oleh karena itu, pada Senin, 26 Oktober 2015 bertempat di Gedung Grha William Soeryadjaya Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Kampus Cawang, DPD RI melalui kelompok DPD di MPR mengadakan kegiatan Seminar Nasional “Penguatan Fungsi Legislasi DPD RI” bekerjasama dengan Fakultas Hukum UKI.

HMS_4613
Seminar Nasional “Penguatan Fungsi Legislasi DPD RI” bekerjasama dengan Fakultas Hukum UKI

Acara diawali dengan doa pembuka dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu Dekan Fakultas Hukum UKI, Hulman Panjaitan, S.H., M.H., menyampaikan sambutannya. “Atas nama Fakultas Hukum UKI, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kelompok DPD RI di MPR RI yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada FH UKI dalam melakukan kajian ilmiah terhadap peran dan fungsi DPD RI dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia, terutama Pasca Amandemen UUD 1945 dan Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi No. 92/PUU-X/2012 yang telah mengembalikan kewenangan DPD dalam pemenuhan fungsi legislasinya sebagaimana diatur dalam konstitusi negara,” ujar Hulman.

Selanjutnya, perwakilan dari Pimpinan Yayasan Universitas Kristen Indonesia (YUKI) juga memberikan sambutan selamat datang untuk seluruh tamu undangan dan dilanjutkan dengan pengantar dari Ketua kelompok DPD RI di MPR RI/ Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) DPD RI, Prof. Dr. John Pieris, S.H., M.S., yang sekaligus secara resmi membuka acara seminar nasional.

Setelah peresmian acara, dilakukan penandatanganan MoU oleh Ketua BPKK, DPD RI Prof. Dr. John Pieris, S.H., M.S., dan Dekan FH UKI Hulman Panjaitan, S.H., M.H. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata (plakat) dan persembahan tarian daerah Papua dari Mahasiswa UKI.

HMS_4656
Penandatanganan kerjasama FH UKI dengan DPD-RI

Seminar nasional ini dimoderatori oleh Dr. Daniel Yusmic Foekh, S.H., M.H., dengan dua tema pembahasan, yakni Urgensi Penguatan Lembaga Perwakilan dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia dan Penguatan Fungsi Legislasi DPD RI, dengan 5 pembicara, yaitu Hj. Nurmawati Dewi Bantilan, S.E., M.H (Anggota DPD RI, Provinsi Sulawesi Tengah), Intsiawati Ayus, S.H., M.H (Anggota DPD RI, Provinsi Riau), Prof. Dr. Muchtar Pakpahan., S.H., M.H, Drs. Hajriyanto Y. Thohari, MA (Pimpinan Pusat Muhammadiyah/ Wakil Ketua MPR RI Periode 2009-2014), dan Masnur Marzuki, S.H., L.L.M (Pakar HTN/ Dosen FH UII Jogjakarta).

Dalam seminar diadakan sesi tanya-jawab, pada sesi tersebut terlihat peserta begitu antusias bertanya kepada seluruh panelis.

Setelah diskusi selesai, kesimpulan seminar dirumuskan dan dibacakan oleh Duma Barrung, S.H., M.H. Kegiatan seminar tersebut diharapkan menjadi indikator bahwa upaya DPR RI dalam melakukan penataan sistem kenegaraan, yang saat ini juga tengah berproses di MPR diikuti dan dicermati oleh seluruh masyarakat di daerah, sehingga masyarakat secara aktif mendorong penataan sistem kenegaraan melalui perubahan UUD 1945.

Acara seminar ditutup dengan doa dan ramah tamah.

 

(Lis/Jez)