Seminar Refleksi 20 Tahun Reformasi Indonesia

JAKARTA- REPORTER         Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) UKI  bekerja sama dengan program studi Ilmu Politik ini mengadakan kegiatan Seminar di Grha William Soeryadjaya (12/6/2018) bertema “Refleksi 20 Tahun Reformasi dan Gerakan Mahasiswa: Peran Organisasi Mahasiswa dan Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.”

Seminar ini mengundang empat narasumber, yaitu ketua PP GMKI, Sahat Martin Philip Sinurat (diwakilkan); Presidium GMNI, Wonder Infanteri Nainggolan; Aktivis 98’, Roy Simanjuntak, dan Dosen Ilmu Politik UKI, Fransiskus X Gian Tue Mali, M. Si,. dengan Peandes Natalis Zalukhu sebagai moderator.

“Saya berharap mahasiswa dapat memperkaya pengetahuannya, khususnya dalam berorganisasi, yang nantinya materi tersebut akan disampaikan oleh keempat pembicara pada hari ini,” ujar Kaprodi Ilmu Politik Sidratahta Mukhtar saat membuka kegiatan.

Sesuai dengan tema seminar ini, terdapat materi tentang hubungan organisasi mahasiswa dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Materi ini disampaikan oleh Dosen Program Studi Ilmu Politik UKI, Fransiskus X Gian Tuemali M.Si.

“Mahasiswa akan kembali ke tengah-tengah masyarakat karena kaum muda merupakan penggagas perubahan sosial yang positif. Walaupun sudah menjadi alumnus, tetapi mahasiswa dapat menjadi alumnus yang handal dalam skill maupun ber organisasi,” terang beliau.

Sebelum materi terakhir disampaikan, moderator mengajak para audiens untuk menyebutkan isi dari Sumpah Pemuda dengan posisi berdiri.

Seminar ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari pihak program studi Ilmu Politik kepada keempat pembicara dan foto bersama.

(Gab/Inez).