SEMINAR “SELF DEVELOPMENT” UPKK UKI

Jakarta-Reporter. Pada hari Selasa, 13 Oktober 2015, Unit Pelayanan Kerohanian dan Konseling Universitas Kristen Indonesia (UPKK-UKI) mengadakan seminar dengan tema “Self Development” sebagai salah satu langkah pembinaan untuk mahasiswa-mahasiswi UKI. Seminar ini bertempat di Ruang Seminar lantai 3, Kampus UKI Cawang, dan dilayani oleh seorang Psikolog, Arie Koetin, S.Psi., M.Psi., sebagai pembicaranya. Sebelum acara dimulai, Pdt. Esther Esther Rela Intarti, M.Th memimpin doa pembuka terlebih dahulu. Selesai berdoa, peserta diajak untuk melakukan pemanasan dengan diiringi lagu agar lebih rileks.

peserta diajak untuk rileksasi
peserta diajak untuk rileksasi

Dalam seminar tersebut, Arie Koetin menjelaskan bahwa masa sebagai mahasiswa adalah masa yang pendek, sehingga harus dimanfaatkan dengan maksimal. Para mahasiswa juga diajak untuk melakukan latihan dengan menuliskan tujuan pribadi, sikap, dan masalah-masalah di kertas yang telah disediakan.

Pak Arie juga memperkenalkan tentang metode belajar mind mapping agar lebih memudahkan mahasiswa untuk belajar. “Gaya belajar mind mapping adalah tips belajar yang efektif,” ucapnya. Dalam seminar tersebut diadakan juga sesi tanya-jawab untuk para peserta yang ingin bertanya dengan psikolog.

salah satu peserta memberi pertanyaan
salah satu peserta memberi pertanyaan dalam sesi tanya-jawab

Di sesi tanya-jawab tersebut ada mahasiswa yang bertanya bagaimana caranya agar tidak pesimis. Pak Arie menjawab, “Saya menghargai setiap usaha. Terkadang kita bingung, tapi yang penting terus berusaha dan mencoba,” saran beliau.

Di akhir seminar Pak Arie memberikan pesan kepada mahasiswa agar saling membangun melalui ungkapan pujian. “Orang yang suka mengejek adalah orang yang tidak percaya diri. Pujilah temanmu,” pungkasnya.

 

(Lis/Jez)