Sosialisasi Payroll & Kredit Konsumer BNI

JAKARTA-REPORTER Senin, 10 April 2017, Biro SDM UKI bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) menggelar kegiatan “Sosialisasi Payroll & Kredit Konsumer BNI” di Ruang Seminar UKI, Lantai 3, Gedung AB, Kampus UKI Cawang. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Bank BNI di antaranya Bapak Ambar Hadi (Assistant Vice President Divisi SLM) dan Ibu Syukurandini (Pimpinan Bidang Pelayanan Nasabah BNI) sebagai narasumber.

Wakil Rektor NonAkademik, Dr. dr. Bernadetha Nadeak. M. Pd., P.A., membuka kegiatan seminar ini dengan memaparkan sistem penggajian (payroll) yang saat ini diberlakukan di lingkungan UKI.

“Saat ini, Universitas Kristen Indonesia melakukan penggajian karyawan di lima bank yang berbeda. Oleh karena itu, permasalahan yang cenderung terjadi adalah pembayaran gaji tidak serentak dan memang belum ada perjanjian kerja sama antara yayasan dengan beberapa bank tersebut, sehingga apabila terjadi permasalahan tidak dapat segera diatasi. Beberapa bank juga membebankan biaya administrasi kepada si penerima gaji,” kata dr. Bernadetha

Solusi yang diarahkan oleh Yayasan UKI di antaranya, menetapkan peraturan penggajian hanya melalui rekening di satu bank saja. Oleh karena itu, Yayasan UKI melakukan kerja sama dengan bank yang dapat memberikan benefit kepada instansi dan pegawai.

dr. Bernadetha menambahkan, “Kita semua juga butuh rumah tinggal, BNI juga memfasilitasi setiap karyawan yang menginginkan rumah untuk bisa melakukan cicilan rumah, tetapi tidak diperuntukkan untuk pegawai yang bekerja di bawah 2 sampai 3 tahun, karena cenderung pegawai yang baru bekerja satu tahun langsung pergi. Jadi persyaratannya, pegawai UKI harus karyawan tetap dan sudah memiliki DPLK.”

Dalam sosialisasinya, Bapak Ambar Hadi menjelaskan keuntungan menggunakan BNI sebagai media payroll. BNI menawarkan program yang diberikan kepada pegawai, seperti fasilitas

pinjaman KPR Rumah dengan suku bunga rendah, yaitu KPR Griya dan fasilitas pinjaman KTA Pegawai dengan suku bunga murah, bebas biaya, dan prosesnya mudah yaitu KTA Fleksi.

“Kami juga menawarkan program undian khusus hanya kepada pegawai UKI, di mana setiap pegawai punya kesempatan mendapat hadiah khusus di luar dari undian nasional yang biasa dilakukan BNI, jadi saingannya lebih sedikit,” ucap Ambar.

Ibu Syukurandini menambahkan, BNI memastikan keterlambatan pembayaran gaji tidak akan terjadi karena pihak BNI akan melakukan setting tanggal pembayaran gaji pada sistem mereka sehingga gaji akan otomatis dikirimkan tepat waktu pada tanggal tersebut.

“Untuk membuat akun BNI Taplus Pegawai biasanya harus memberikan setoran awal minimal Rp. 500.000,- tetapi BNI memberikan kemudahan khusus kepada seluruh pegawai UKI, yaitu membuat akun tanpa setoran awal,” tutur Syukurandini.

Seluruh karyawan UKI yang menghadiri acara sosialisasi ini tampak antusias dalam sesi tanya jawab. Acara sosialiasi diakhiri dengan doa dan berfoto bersama seluruh tim BNI, kemudian dilanjutkan dengan pameran developer perumahan dan Bazaar IT di Lobi Keuangan UKI.

 

(jeh/lis/nin)