“Sosialisasi Pembinaan Hubungan Keluarga Sehat Dan Intim” Universitas Kristen Indonesia Bersama Jemaat Hkbp Sutoyo Jakarta Timur

SOSIALISASI tentang pembinaan hubungan keluarga yang sehat dan intim dengan tema“The Family and Intimacy” pada tanggal 25 Mei 2019 bertempat di gedung HKBP Sutoyo dilaksanakan oleh Universitas Kristen Indonesia kepada keluarga muda Jemaat Gereja HKBP Sutoyo Jakarta Timur dengan masa usia pernikahan 1 s/d 10 tahun. Kegiatan ini berawal dari adanya permintaan dari pengurus Gereja HKBP Sutoyo melalui seksi Pendidikan (Dr. Lamhot Naibaho, M.Hum) kepada Universitas Kristen Indonesia Jakarta untuk memberikan edukasi kepada jemaat secara khusus untuk pasangan muda tentang bagaimana pentingnya menjaga dan membina hubungan keluarga yang sehat dan intim sehingga menjadi keluarga yang kokoh,utuh dan bahagia.

Pembinaan hubungan keluarga yang sehat dan intim dikaji dari dua aspek ilmu yaitu Kesehatan dan Psikologi sebagaimana disampaikan oleh Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd. yang merupakan salah satu keynotespeaker yang ditugaskan oleh UKI untuk melakukan edukasi melalui sosialisasi ini. Beliau menyampaikan bahwa salah satu dari sekian banyak hal teknis yang dapat dilakukan dalam usaha membina hubungan yang sehat dan intim adalah dengan cara menjaga kehidupan seksual suami istri, yang tentunya dipengaruhi oleh kesehatan tubuh kedua pasangan dan adanya keterbukaan dan penerimaan kedua pasangan.

Selain dari segi kesehatan,hal yang sangat berpengaruh juga dari segi psikologis seperti halnya disampaikan oleh Evi Deliviana, M.Psi. Psokolog yang juga merupakan keynotespeaker dari UKI, disampaikan bahwa mengungkapkan perasaan secara terbuka kepada pasangan dan juga anggota keluarga yang lain merupakan salah wujud pengasuhan dengan cinta. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh para dosen Universitas Kristen Indonesia ini merupakan implementasi salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat sebagaimana disampaikan oleh Kabid PkM LPPM UKI yaitu Elferida Sormin,S.Si., M.Pd. yang juga turut serta dalam mempersiapkan acara sosialisasi dibantu oleh ibu Citra Puspa Juwita, MKM.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh ketua dewan Koinonia HKBP Sutoyo dan pendeta HKBP Sutoyo kepada UKI Jakarta denga harapan kerjasama terus berkelanjutan untuk program-program pengabdian lainnya.