Sukses Alumni, Menjadi Ukuran Kualitas sebuah Perguruan Tinggi

Jakarta – Citra alumni berdampak besar terhadap animo masuk UKI. Untuk  itu IKA UKI selalu mengingatkan alumni sukses untuk mengekspos statusnya sebagai alumni UKI. Promosi alumni sukses diharapkan berdampak pada peningkatan mahasiswa baru UKI.

Maruli Gultom, Ketua Umum IKA UKI periode 2021-2025 menyampaikan hal tersebut sekaligus menambahkan bahwa alumni UKI saat ini sudah banyak tersebar di posisi-posisi strategis baik di pemerintahan, perusahaan BUMN dan  perusahaan besar lainnya.

“IKA UKI siap membantu meningkatkan jumlah mahasiswa baru jika dibutuhkan,” tegas mantan Rektor UKI periode  2008-2012 ini lagi. Seraya mengatakan juga bahwa,  Progam Pendidikan Bebas Biaya untuk mahasiswa Daerah Tertinggal (PPBBMDT) juga akan dilanjutkan.

Pada periode yang lalu, terang dia pula, lebih dari 200-an mahasiswa asal Nias dan Mentawai telah menyelesaikan kuliah di UKI dan kembali ke daerah masing-masing untuk membangun daerahnya. Jumlah mereka, bila terkonsolidasi dengan baik, diharapkan punya kekuatan untuk itu. Konsolidasi alumni  PPBBMDT menjadi salah satu fokus IKA UKI dalam waktu dekat.

Lebih jauh Maruli yang lulus dari Prodi Teknik Mesin UKI tahun 1981 ini menjelaskan, bahwa ke depan fokus PPBBMDT akan beralih ke Timur, utamanya NTT dan Papua. Program ini bukan hanya untuk menaikkan jumlah mahasiswa baru UKI melainkan untuk memajukan daerah-daerah  Kristen yang tertinggal dari daerah lainnya di Indonesia.

“Bahwa hal ini turut meningkatkan jumlah, itu adalah dampak samping,” tambah mantan Ketua Umum DM UKI.

Dia katakan juga,bahwa PPBBMDT tersebut tidak  boleh membebani UKI, baik dalam bentuk diskon biaya kuliah ataupun bentuk lainnya. Hal yang sama berlaku untuk semua program IKA UKI, tidak boleh membebani keuangan UKI. Malah sebaliknya, dimana ada kesempatan dan kemampuan, IKA UKI akan menempatkan diri sebagai penyumbang. “Pada masa lalu, kegiatan UKI seperti Pengukuhan Guru Besar UKI yang adalah alumni UKI, dibiayai oleh IKA UKI,” tukas dia.

Selanjutnya,alumni yang bekerja sebagai Presiden Komisaris/Komisaris di 4 perusahaan ini sampaikan, program-program  IKA UKI tidak ditujukan kepada mahasiswa UKI, namun bisa berdampak pada mahasiswa UKI dan UKI sendiri. Pembinaan mahasiswa adalah tugas UKI sendiri, tidak boleh dicampuri oleh alumni.

Tentu saja, sambung dia, bila diminta, IKA UKI akan menggalang alumni di perusahaan atau instansi lainnya untuk memfasilitasi kebutuhan kuliah kerja atau pun magang bagi para mahasiwa UKI.

IKA UKI sangat berkepentingan untuk membantu peningkatan kualitas alumni UKI. Alumni yang baik adalah hasil dari proses yang baik.

“UKI mendidik mahasiswanya untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang tinggi ilmu dan berakhlak Kristiani. Apakah UKI berhasil, dapat dilihat dari kiprah para alumninya di masyarakat. Sukses alumni adalah ukuran kualitas sebuah perguruan tinggiI” tandas dia (ics)