The 2nd International – Conference of Education and Science: Berbagi Pengalaman Riset di Bidang Pendidikan di Era New Normal

Jakarta – Dalam menghadapi situasi pandemik sangat penting membahas isu-isu terkait pendidikan, karena pastinya banyak hal yang mungkin akan berubah selama kondisi pandemi.  Bagaimana pun juga kita tidak bisa berdiam diri dalam keadaan seperti ini. Untuk itu kami memutuskan melakukan langkah yang mungkin bisa menghasilkan ide maupun gagasan yang dapat diterapkan dalam bidang Pendidikan di era new normal melalui konferensi ini.

Alasan ini yang disampaikan Chandra Ditasona, MPd, Ketua Pelaksana The 2nd  International – Conference of Education and Science yang mengangkat tema New Normal on Education.

“Dengan mengangkat tema ini kami mengharapkan ada banyak peneliti yang akan berbagi pengalaman dan hasil penelitian mereka menghadapi kondisi baru dalam pendidikan ini,” tambah Chandra.

Sejumlah masalah pendidikan yang diungkap dalam acara tersebut antara lain tentang kesiapan perangkat pembelajaran daring  yang masih didapati didapati daerah-daerah di Indonesia.

“Permasalahannya bisa berupa tidak memiliki perangkat untuk belajar seperti laptop ataupun jaringan internet yang belum tersedia. Dalam situasi seperti ini beberapa solusi yang dapat diberikan adalah dengan cara mendistribusikan handout dalam bentuk hard copy ataupun alat peraga yang sederhana, menyelenggarakan pembelajaran dengan bantuan orang tua, melaksanakan pembelajaran outdoor dengan jumlah siswa yang dibatasi,” urai Chandra.

Hal lainnya yang banyak dibukakan peserta, masih kata Chandra,adalah soal teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring. Penggunaan berbagai aplikasi pembelajaran, learning management system, dan penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran.

“Konferensi ini telah menjadi sarana diskusi antar sesama peneliti sehingga tercipta gagasan-gagasan untuk pengembangan riset di bidang Pendidikan. Dan seluruh peserta termasuk mahasiswa dapat memperoleh  ilmu pengetahuan dari para narasumber ataupun pemakalah yang menyampaikan hasil penelitian mereka,”jelas Chandra

Konferensi internasional ini diinisiasi oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia, dikomandani ketua Panitianya Bpk Chandra Ditasona , dosen Pendidikan Matematika FKIP UKI, dengan penanggungjawab Dekan FKIP UKI yaitu Dr. Sunarto, M.Hum.

Narasumber konferensi ini antara lain Matthew Kenneth Miller (Language Education Tokyo University of Foreign Studies), Dr. Nathan Tintle (Professor of Statistic DORDT University) dan D’Arcy Dretke Maher (Head of Curriculum and Instruction Cita Hati Christian School).

Acara tersebut dibuka oleh Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H. dan sambutan ketua yayasan UKI, Ir. Edy R Sinulingga MBA. (ics)