Tim Mahasiswa FK UKI Raih Gelar Juara III Cabang Lomba Infeksi Tropis di Ajang Regional Medical Olympiad 2021

Mahasiswa FK UKI berhasil meraih prestasi Juara III dalam cabang lomba Infeksi Tropis di kompetisi Regional Medical Olympiad (RMO) 2021, yang diselenggarakan secara virtual oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah II dan FK UKI. Kegiatan ini digelar secara virtual pada tanggal 21 Agustus 2021.

Ketua pelaksana Regional Medical Olympiad 2021, Rambu Ana Toya, menjelaskan RMO merupakan program kerja Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 2 di bawah bidang Pendidikan dan Profesi atau Medical Education and Profession (MEP). Acara ini diikuti oleh 218 mahasiswa FK, dari 20 Universitas di yang ada di wilayah 2 ISMKI, yaitu di provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. 

“Tahun ini RMO mengangkat tema CONTAGION yaitu “Clinical Approaches on Tropical Infection Diseases for Establishing Medical Improvement. Olimpiade kedokteran tahunan ini diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia  wilayah 2, meliputi DKI Jakarta, Banten Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. Cabang lomba RMO 2021 terdiri atas 6 pembagian yaitu Digestif, Muskuloskeletal, Infeksi Tropis, Kardiologi –Respirasi, Neuro-Psikiatri dan Urologi –Reproduksi,” ujar mahasiswi FK UKI angkatan 2018 ini.

Rambu Ana Toya menambahkan bahwa di tahun 2021 ini ISMKI dan BPSM FK UKI melaksanakan RMO ini dengan tujuan agar mahasiswa FK dapat mengembangkan ilmu dan keterampilannya menjadi mahasiswa kedokteran yang unggul, meningkatkan jiwa kompetisi mahasiswa, serta untuk memperkenalkan FK UKI kepada peserta RMO 2021.

Pada ajang tersebut, mahasiswa FK UKI Angkatan 2018, Jason Daniel Susanto  dan Praisela Syania  Hendrieta Nelwan berhasil meraih Juara 3 di Cabang Infeksi Tropis.

Mahasiswa FK UKI harus melalui 2 babak, yaitu babak penyisihan dimana peserta akan mengerjakan soal berbentuk Multiple Choice Questions (MCQ) dan babak final yaitu Student Oral Case Analysis and Public Health (SOCA-PH).

RMO 2021 memiliki rangkaian acara terdiri dari Olimpiade dan Non Olimpiade. Selain olimpiade, terdapat acara non olimpiade yaitu webinar dengan tema: “TELEMEDICINE 101: Mengenal Lebih Akrab Tentang Pelayanan Telemedicine”.

Pencapaian prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dalam mempersiapkan perlombaan. Tentunya mahasiswa FK UKI mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang membina persiapan materi lomba, seperti dr. Welly Salutondok Sp.PD, pada cabang Digestif.

Dokter Ronny, Sp.ParK & dr. Trimurti Parnomo, MS, Sp.MK, pada cabang infeksi tropis.

Para pembimbing pada cabang Neuropsikiatri, yaitu dr. Agus Yudawijaya, Sp.S, M.Si.Med & dr. Christina R. Lasma Aritonang, Sp.N.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Dr. dr. Tigor P. Simanjuntak, SpOG.,M.Kes, sebagai pembimbing pada cabang urologi & reproduksi.

Selamat atas prestasi yang diraih FK UKI !