UKI Berpartisipasi pada Kampanye Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi DKI Jakarta

Universitas Kristen Indonesia (UKI) menerima Piagam Penghargaan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas partisipasinya berkolaborasi pada “Kampanye Enam Belas Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi DKI Jakarta”.

Dikarenakan dalam suasana pandemi Covid-19, maka penyerahan secara resmi piagam penghargaan dilaksanakan secara virtual pada acara puncak kampanye anti kekerasan terhadap  perempuan dan anak pada tanggal 10 Desember 2020 yang dihadiri oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UKI.

Selanjutnya oleh Ketua LPPM UKI (Dr. Aartje Tehupeiory, S.H.,M.H) melakukan penyerahan piagam tersebut kepada Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K.Harjono, S.H., M.H. Keterlibatan UKI dalam kegiatan ini merupakan implementasi salah satu dari tiga dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan dalam bentuk seminar secara virtual di bawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kegiatan ini berkolaborasi dengan beberapa universitas swasta di Jakarta yang telah memiliki Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pemprov DKI Jakarta.

UKI merupakan salah satu universitas yang telah memiliki perjanjian kerjasama (PKS) dengan Pemprov DKI Jakarta, dalam hal ini oleh DPPAPP DKI Jakarta dengan nomor perjanjian: 1535/-072 (Pemprov DKI Jakarta), dan Nomor: 12/MOA-UKI/R/HKP.6/2020 (UKI).

Rangkaian kegiatan “Kampanye Enam Belas Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi DKI Jakarta” dilaksanakan mulai tanggal 25 November 2020 – 10 Desember 2020 mengambil beberapa topik untuk disosialisasikan kepada masyarakat melalui seminar online terkait dengan perempuan dan anak.

Terkait pelaksanaan seminar online tersebut, Elferida Sormin, S.Si., M.Pd (Kabid PkM LPPM UKI) yang sekaligus menjadi koordinator kegiatan dari UKI menyatakan bahwa UKI mengambil bagian dalam empat topik dan mengirimkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Adapun empat topik yang menjadi tanggung jawab UKI dan berkolaborasi dengan universitas lainnya, antaralain:

1) Pencegahan Kekerasan di Tempat Publik/Kampus, dengan narasumber dari UKI yaitu: Mita Yesyca, M.Sc dan bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI);

2) Pembelajaran Jarak Jauh, enjoy aja!! dengan narasumber Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd, yang dalam hal ini bekerjasama dengan STIE IPWIJA dan menghadirkan relawan masyarakat yang telah berkontribusi dalam membantu masyarakat dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh;

3) Cerdas Bermedia Sosial dengan narasumber: Formas Juitan Lase, S.Sos., M.I.Kom yang dalam hal ini bekerjasama dengan STIE Ipwija dan Diskominfotik DKI Jakarta;

4) Stop Traficking Tugas Kita Semua dengan narasumber dari UKI yaitu: Dr. Mompang L. Panggabean, S.H., M.Hum dengan moderator dari UKI, Dr. Audra Jovani, S.Sos., MPS yang dalam hal ini bekerjasama dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan juga KPAI.

Dalam pelaksanaan seminar ini selain berperan mengorganisir kegiatan termasuk menyediakan narasumber yang kompeten, UKI bersama universitas lainnya berkolaborasi juga memberikan tanda kasih kepada para peserta yang secara aktif dan partisipatif mengikuti kegiatan dalam bentuk pemberian pulsa.