UKI Jalin Kerja Sama dengan PT Semesta Realitas Indonesia untuk Pemanfaatan Teknologi Digital

Pada tanggal 29 September 2021, dilakukan penandatanganan kerja sama antara UKI dengan PT Semesta Realitas Indonesia (Festivo) tentang Hibah Penelitian Program Matching Fund Kedaireka tahun 2021 yang didanai oleh Kemendikbudristek RI.

Kerja sama ini bertujuan meningkatkan kemampuan SDM dan pengembangan penelitian dosen dalam memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Kerja sama meliputi pelaksanaan pengembangan virtual lab terintegrasi etnosains berbasis virtual reality. Virtual lab ini digunakan untuk mendukung pelaksaaan penelitian terhadap kearifan lokal suatu daerah yang berkaitan dengan sains (kimia) serta berpotensi dijadikan sebagai media pembelajaran.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA , Wakil Rektor bidang SDM dan Kerja Sama, Dr. rer.pol. Ied Veda Sitepu, S.S., M.A, Chief Executive Officer PT Semesta Realitas Indonesia, Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, Nova Irawati Simatupang, S.Pd., M.Pd. dan Ketua Peneliti Nelius Harefa, S.Si., M.Pd

Tahun Digitalisasi dan Intenasionalisasi

Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta sudah mempersiapkan diri dengan mencanangkan tagline “Tahun Digitalisasi dan Internasionalisasi” di penghujung tahun 2019.

“Bencana nasional non alam, berupa pandemi Covid – 19, itu mulai terjadi bulan Maret 2020. Tapi semenjak 2019 akhir, UKI sudah mencanangkan tagline tahun 2020 adalah “Tahun Digitalisasi dan Internasionalisasi”. Ketika itu kami sudah siap seratus persen langsung bisa kami jalankan dengan baik. Hanya memang pasti ada kendala-kendalanya,” ujar Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., M.H., MBA .

Jadi, lanjutnya, pada dasarnya UKI memang sudah siap masuk ke dunia digital untuk memiliki smart campus. “Artinya, kemampuan komunikasi secara online, pembelajaran secara online, penelitian secara online, bahkan pengabdian kepada masyarakat secara online, sudah mulai kita siapkan. Demikian pula kegiatan internasional. Jadi, kami masuk ke dunia global yang seperti tanpa batas lagi,” papar Dhaniswara.

Ketika terjadi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita akhirnya study from home, work from home, tambahnya, UKI sudah siap. “Karena memang tahun 2020 adalah tahun digitalisasi dan tahun internasionalisasi,” ucapnya.